SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Guru Akuntansi Tentang Program Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di SMAN dan SMKN se-Kota Kediri.

Indyah Nurmasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurmasari, Indyah. 2010. Pengaruh Persepsi Guru Akuntansi Tentang Program Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di SMAN dan SMKN se-Kota Kediri. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sriyani Mentari, S.Pd, MM.

 

Kata Kunci: Program Sertifikasi, Kinerja Guru, Persepsi

 

Pendidikan merupakan proses pembentukan sumber daya manusia berkualitas dan yang berperan penting untuk mewujudkannya adalah guru. Dengan dikeluarkannya kebijakan pemerintah yang tertuang dalam Undang-Undang No. 14 tentang Guru dan Dosen yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru, juga menjanjikan jaminan perbaikan kesejahteraan guru, jaminan sosial serta hak dan kewajiban guru. Jika ini benar-benar terwujud, maka diharapkan mampu meningkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi guru akuntansi tentang program sertifikasi terhadap kinerja guru.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksplanasi. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana (Simple Linier Regression Analysis). Variabel dalam penelitian ini meliputi:persepsi guru akuntansi tentang program sertifikasi (X) sebagai variabel bebas, dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang terdiri dari 36 orang guru di SMAN dan SMKN se-Kota Kediri. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan angket (kuesioner).

Dari hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar guru di Kota Kediri mempunyai persepsi yang baik terhadap program sertifikasi yang ditunjukkan dengan skor rata-rata (mean) sebesar 62,61. Kinerja guru di Kota Kediri mempunyai kualifikasi yang baik yang ditujukkan dengan skor rata-rata (mean) sebesar 100,47. Adanya pengaruh persepsi guru akuntansi tentang program sertifikasi terhadap kinerja guru di SMAN dan SMKN se-Kota Kediri ditujukkan dari nilai thitung 3,665 > ttabel 2,032 dan juga signifikan 0,001 < 0,05, nilai koefisien regresi sebesar 0,441 dan besarnya pengaruh dapat dilihat dari nilai R2 sebesar 28,3%. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa tidak ada perbedaan antara guru yang sudah bersertifikat dengan yang belum bersertifikat. Hasil ini dapat ditunjukkan dari nilai thitung 0,789 < ttabel 2,032 dan signifikan 0,435 > 0,05.

Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan mengacu pada hasil temuan yang menyatakan persepsi guru akuntansi tentang program sertifikasi berpengaruh terhadap kinerja guru adalah hendaknya para guru diharapkan dengan adanya program sertifikasi ini bisa memotivasi untuk menambah kualitas kinerjanya, sehingga dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional dan mutu pendidikan akan meningkat dan kepada guru yang belum bersertifikasi untuk tetap menjadi tenaga pendidik yang profesional. Kepala sekolah perlu mengadakan pengawasan kinerja secara kontinu untuk menjaga dan meningkatkan profesionalisme guru.