SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Net Profit Margin, Return on Asset, Return on Equity, dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham pada, Perusahaan Real Estate dan Properti yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006 -2008

Jono Susanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Susanto, Jono. 2010. Pengaruh Net Profit Margin, Return on Asset, Return on Equity, dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham pada, Perusahaan Real Estate dan Properti yang Listing  di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006 -2008. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Sumadi, S.E., M.M, (II) Hj.Yuli Widi Astuti,  S.E., M.Si., A.k.

 

Kata Kunci: Net Profit Margin, Return on Asset, Return on Equity, Earning Per Share, dan Harga Saham.

 

Semakin majunya perekonomian saat ini dimana objek investasi juga semakin banyak ragamnya. Oleh karena itu diperlukan suatu pengetahuan atau analisis agar dalam berinvestasi seorang investor dapat mencapai tujuan yang diharapkan secara maksimal. Profitabilitas merupakan salah satu pertimbangan sebelum melakukan investasi. Profitabilitas menunjukkan seberapa besar perusahaan mampu memberi kesejahteraan terhadap pemegang saham dan menjaga kelangsungan hidup perusahaannya. Dari penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa profitabiliatas merupakan aspek untuk mendorong investasi, going concern, dan kemakmuran baik untuk manajemen, karyawan, pemegang saham dan pemerintah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan rasio keuangan yang diukur dengan Net Profit Margin, Return on Asset, Return on Equity, dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham pada, Perusahaan Real Estate dan Properti yang Listing  di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006 -2008. Populasi yang digunakan adalah 10 perusahaan Real Estate dan Properti, dimana dari populasi tersebut terpilih berdasarkan metode purposive sampling dengan pooled data menggunakan laporan keuangan tahunan perusahaan diperoleh jumlah sampel sebanyak 30 data observasi. Metode pengumpulan data dengan cara dokumentasi data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahan yang terdapat pada Indonesian Capital Market Directory (ICMD).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Net Profit Margin, Return on Asset dan Return on Equity tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan Earning Per Share terdapat pengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara simultan  semua variabel berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat menambah periode penelitian dan mengganti objek penelitian, misal semua perusahaan yang go publik di BEJ agar hasil penelitian lebih mencerminkan kondisi pasar secara keseluruhan.