SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) Terhadap Return Saham pada Perusahaan LQ-45 yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008

SALKY ARYA PRADHIKA

Abstrak


ABSTRAK

 

Pradhika, Salky Arya. 2010. Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) Terhadap Return Saham pada Perusahaan LQ-45 yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008. Skripsi, Program Studi S1 Akuntansi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang.

 

Kata Kunci : Earning Per Share, Price Earning Ratio, dan Return Saham

 

Return saham merupakan imbalan yang diharapkan oleh investor setelah menginvestasikan modalnya di pasar modal. Investasi saham sangat rentan terhadap situasi politik dan ekonomi, bursa saham akan bereaksi bila terjadi kemelut dalam negeri. Laporan keuangan perusahaan diharapkan dapat memberi informasi bagi calon investor dan calon kreditor guna mengambil keputusan terkait dengan investasi dana mereka. Salah satu alat untuk menganalisis return saham adalah analisis rasio keuangan diantaranya Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap return saham pada Perusahaan LQ-45 yang Listing di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2008. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan LQ-45 di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2006-2008 yang berjumlah 45 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive random sampling yang diperoleh 35 perusahaan.  Variabel bebas yang yang diteliti dalam penelitian ini yaitu earning per share (EPS) dan price earning ratio (PER) dan variabel terikatnya adalah return saham.

Teknik pengambilan data menggunakan metode dokumentasi data sekunder yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory. Metode analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Selain itu, juga digunakan uji F, uji t, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi dan uji normalitas data.

Hasil penelitian menunjukkan earning per share dan price earning ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Sedangkan secara simultan, earning per share dan price earning ratio juga tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham Variabel bebas earning per share dan price earning ratio mampu menjelaskan variabel terikat return saham sebesar 6,8% dan sisanya 93,2 % di pengaruhi faktor lain diluar penelitian yang tidak diungkap, yang ditunjukkan dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,068.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para investor dan pihak lain yang membutuhkan. Para investor perlu mempertimbangkan faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini misalnya ukuran perusahan, maupun kondisi sosial, politik, dan ekonomi. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah periode penelitian, memperkaya sampel perusahaan, dan menambah variabel-variabel lain yang mempengaruhi return saham, sehingga hasil penelitian ini lebih representatif dan dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi pihak-pihak yang terkait.