SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembiayaan mudharabah, musyarakah dan murabahah Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia

Dwi Fany Wicaksana

Abstrak


ABSTRAK

 

Wicaksana, Dwi Fany. 2011. Pengaruh Pembiayaan mudharabah, musyarakah dan murabahah Terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Triadi Agung Sudarto, S.E., M.Si., Ak., (II) Helianti Utami, S.E., M.Si. Ak.

 

Kata Kunci: Mudharabah, Musyarakah, Murabahah, Profitabilitas

 

Produk pembiayaan pada bank syariah merupakan earning asset yang memiliki peranan besar dalam kenaikan profitabilitas. Mudharabah, musyarakah, murabahah merupakan bagian dari produk pembiayaan yang dimiliki oleh bank syariah. Kegagalan dan kesalahan dalam pengelolaan pembiayaan akan sangat berpengaruh terhadap pendapatan yang berpengaruh terhadap laba bank yang selanjutnya dapat mempengaruhi tingkat profitabilitas dari bank secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembiayaan mudharabah, musyarakah, murabahah secara parsial dan simultan terhadap profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset (ROA).

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bank umum syariah yang terdaftar di Bank Indonesia. Penentuan sampel di pilih dengan teknik purposive sampling  dengan kriteria bank umum syariah yang beroperasi sesuai dengan prinsip syariah dan bukan merupakan unit penyertaan syariah yang memiliki laporan keuangan triwulan lengkap selama periode tahun 2006-2010. Data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan triwulanan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda.

Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial variabel pembiayaan mudharabah, musyarakah, murabahah berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas. Secara simultan variabel pembiayaan mudharabah, musyarakah, murabahah berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas. Manajemen kredit atau pengelolaan pembiayaan perlu dilaksanakan dengan baik dan tepat untuk mencegah pembiayaan bermasalah, dengan manajemen pembiayaan yang bagus maka perbankan syariah dapat memberikan pembiayaannya kepada debitur yang tepat dan dengan jenis usaha yang produktif. Pengelolaan kredit adalah kunci utama bagi perbankan nasional untuk tetap bertahan dalam persaingan yang ketat, serta akan memberikan pendapatan yang berpengaruh terhadap keuntungan (laba) yang diharapkan sehingga akan berpengaruh terhadap profitabilitas.

Dari hasil analisis pembiayaan mudharabah, musyarakah, dan murabahah berpengaruh terhadap profitabilitas. Disarankan bagi penelitian selanjutnya untuk menambahkan variabel yang lain dan menambah periode penelitian serta menambah sampel penelitian, saran bagi perbankan umum syariah untuk lebih memperhatikan pembiayaan yang mampu meningkatkan profitabilitas, bagi nasabah diharapkan berhati-hati dalam mengambil suatu keputusan pembiayaan.