SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengaruh Arus Kas dan Laba Terhadap Return Saham Perusahaan LQ-45 Th 2008-2011

RIZKI YULIA NITA

Abstrak


ABSTRAK

 

Nita, Rizki Yulia. 2010. Analisis Pengaruh Arus Kas dan Laba Terhadap Return Saham Pada Perusahaan LQ-45 periode 2008-2010. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Eka Ananta Sidarta, S.E., MM, (II) DR. Siti Thoyibatun.

 

Kata Kunci: Arus kas,Laba, Return Saham.

 

Informasi akuntansi dibutuhkan oleh para pemakai keuangan untuk membuat sebuah keputusan ekonomi. Arus kas dan laba merupakan beberapa pengukuran yang di perlukan oleh perusahaan untuk menunjukkan kesuksesan sebuah perusahaan. Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang memperlihatkan pengaruh dari aktivitas-aktivitas operasi, pendanaan, dan investasi perusahaan terhadap arus kas  selama periode akuntansi tertentu dengan cara merekonsiliasi saldo awal dan akhir kas. Laba digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan yang merupakan hasil dari serangkaian proses dengan mengorbankan segala sumber daya yang ada. Dengan demikian informasi akuntansi merupakan informasi yang penting dalam pengambilan keputusan ekonomi walaupun informasi akuntansi bukan merupakan satu-satunya alat analisis fundamental untuk perdagangan dalam pasar modal. Tujuan studi ini adalah untuk meguji pengaruh arus kas dan laba terhadap return saham.   

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan LQ-45 di BEI periode 2008-2010. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling dan diperoleh sampel sejumlah dua puluh dua perusahaan yang memenuhi kriteria. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah informasi arus kas aktivitas operasi, informasi laba dan return saham.

Hasil dari penelitian ini adalah 1) informasi arus kas tidak berpengaruh terhadap return saham. 2) informasi laba berpengaruh terhadap return masa depan.

Saran yang dapat dikemukakan sehubung dengan  hasil penelitian ini adalah bagi peneliti selanjutnya untuk menggunakan variabel yang lebih lengkap karena dalam penelitian ini hanya menggunakan variabel arus kas dari aktivitas operasi. Obyek penelitian menggunakan perusahaan yang lebih luas seperti perusahaan finansial dan non finansial dimana perusahaan fianansial memiliki karakteristik yang berbeda dengan  perusahaan LQ-45.