SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP HARGA SAHAM

Wahyu Chandra Aribowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyu Chandra Aribowo. PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP HARGA SAHAM (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008 dan 2009)

 

Kata Kunci : Harga Saham, kepemilikan manajemen, kepemilikan institusional, dan corporate social responsibility

 

Kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional adalah dua mekanisme corporate governance utama yang membantu mengendalikan masalah keagenan. Salah satu alasan manajemen melakukan pelaporan tanggungjawab sosial adalah untuk alasan strategis. Investor individual tertarik terhadap informasi sosial yang dilaporkan dalam laporan tahunan. Untuk itu dibutuhkan suatu sarana yang dapat memberikan informasi mengenai aspek sosial, lingkungan dan keuangan secara sekaligus. Sarana tersebut dikenal dengan nama laporan keberlanjutan (sustainability reporting).

Penelitian Henie, S.A. 2008 menghasilkan bahwa variabel KM, KI, ROI, ROE berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham (61,6%). Variabel KM berpenagruh dominan terhadap harga saham (p-value = 0,007). Hasil penelitian  Kristiawan. 2009 menyatakan secara simultan dan parsial KM, KI, CSR terbukti berpengaruh dan signifikan terhadap harga saham, KI merupakan variabel dominan dalam mempengaruhi harga saham sebesar 0,475

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan corporate social responsibility terhadap Harga Saham.

Pengumpulan data menggunakan metode purposive sampling terhadap perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008 dan 2009 sebanyak 20 perusahaan. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan uji analisis deskriptif, pengujian asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepemilikan manajerial memiliki pengaruh terhadap harga saham, variabel kepemilikan institusional berpengaruh terhadap harga saham dan variabel corporate social responsibility memiliki pengaruh terhadap harga saham.

Disaranakan dalam pengungkapan tanggung jawab sosial atau Corporate Sosial Responsibility (CSR) perusahaan hendaknya diperbaharui agar bisa disesuai dengan kondisi yang ada dalam masyarakat sebagai komitmen perusahaan terhadap kebijakan ekonomi, kebijakan lingkungan dan sosial, sehingga perusahaan dapat mencapai posisi yang lebih baik dan nilai saham perusahaan akan lebih stabil bahkan dapat meningkat.