SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Good Corporate Governance dan Likuiditas Terhadap Manajemen Laba Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2006-2008

Eryna Dian Saputri

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputri, Eryna Dian. 2010. Pengaruh Good Corporate Governance dan Likuiditas Terhadap Manajemen Laba Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode  2006-2008. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Akuntansi , Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) DR Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak. (II) Ika Putri Larasati, S.E., MCom.

 

Kata Kunci:  Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Likuiditas dan Manajemen Laba.

 

Keberlangsungan hidup suatu perusahaan membutuhkan ketepatan dalam pengambilan keputusan  yang dipengaruhi oleh pimpinan perusahaan. Sebagai dasar dalam pengambilan keputusan maka dibutuhkan laporan keuangan sebagai gambaran kinerja manajemen perusahaan. Dasar penyusunan dan informasi laba   mendorong manajer untuk melakukan manajemen laba. Manajemen laba dapat disebabkan karena adanya asimetri informasi antara manajemen dengan pemilik. Kepemilikan manajerial dan institusional  memungkinkan adanya pengendalian terhadap pihak manajemen melalui proses monitoring secara efektif. Faktor lain yang berpengaruh terhadap manajemen laba adalah resiko institusi yaitu tingkat likuiditas.

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan likuiditas terhadap manajemen laba. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di BEI tahun 2006-2008. Teknik sampling yang digunakan  adalah teknik purposive sampling, data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda,

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara parsial kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan likuiditas berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba, (2) secara simultan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan likuiditas juga berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Hal ini dapat terjadi karena dengan proporsi kepemilikan saham perusahaan oleh manajemen dan institusi serta tingkat likuiditas yang tinggi, akan mampu meningkatkan mekanisme pengawasan kinerja manajemen sehingga tindakan manajemen laba dapat ditekan.

Saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya diharapkan (1)  menambahkan variabel penelitian, (2) menggunakan periode pengamatan yang lebih panjang dengan jumlah sampel yang lebih banyak, (3) perlu mengembangkan penelitian dengan kriteria perusahaan yang lain misalkan perbankan, perusahaan telekomunikasi dan lain-lain.