SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Sertifikasi Guru Terhadap Minat dan motivasi Mahasiswa Untuk Menjadi Guru (Studi Kasus Mahasiswa D-3 Yang Alih Jenjang Ke S-1 Pendidikan Akuntansi Semester Ganjil 2007/2008- Semester Genap 2008/2009).

Anikmatul Khoiriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Khoiriyah, Anikmatul. 2009. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Sertifikasi Guru Terhadap Minat dan motivasi Mahasiswa Untuk Menjadi Guru  (Studi Kasus Mahasiswa D-3 Yang Alih Jenjang Ke S-1 Pendidikan Akuntansi Semester Ganjil 2007/2008- Semester Genap 2008/2009). Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Yuli Widi Astuti S.E, M.Si Ak, (2) Dr. Drs Bambang Sugeng S.E. Ak, MA, M.M

 

Kata Kunci: Persepsi Mahasiswa, Sertifikasi Guru, Minat, Motivasi

 

            Pendidikan merupakan proses pembentukan sumber daya manusia berkualitas dan yang berperan penting untuk mewujudkannya adalah guru. Sementara persepsi bahwa profesi guru merupakan suatu profesi yang dianggap maasih kurang layak dari segi finansial sehingga profesi ini kurang diminati. Bersamaan dengan dikeluarkannya kebijakan pemerintah yang tertuang dalam Undang-Undang No. 14 tentang Guru dan Dosen yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru, juga menjanjikan jaminan perbaikan kesejahteraan guru, jaminan sosial serta hak dan kewajiban guru. Jika ini benar-benar terwujud, maka diharapkan mampu meningkatkan minat dan motivasi calon guru dalam hal ini adalah mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru terhadap minat dan motivasi mahasiswa untuk menjadi guru.

            Penelitian ini adalah penelitian ekplanasi, yang berusaha menguji hubungan antar variabel yang dihipotesiskan dan mencari pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru, dan terdpat dua variabel terikat yaitu minat mahasiswa menjadi guru dan motivasi mahasiswa menjadi guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa input dari program Diploma 3 ke S-1 Pendidikan Akuntansi semester ganjil 2007/2008 sampai semestergenap 2008/2009 sebanyak 35 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada responden dan dianalisis menggunakan Simple Linier Regression Analysis dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows.

            Penelitian ini menggunakan dua kali uji regresi untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara terpisah. Hasil penelitian regresi pertama menunjukkakn bahwa taraf signifikansi 0,011 yang menyertai t hitung sebesar 2,680 pada α sebesar 5 %, karena signifikansi yang menyertai t hitung lebih kecil dari 0,05 maka hipotesisnya diterima artinya persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru dapat digunakan untuk memprediksi minat mahasiswa menjadi guru. Hasil regresi kedua diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,287 yang menyertai t hitung sebesar 1,081 pada α sebesar 5 %, karena signifikansi yang menyertai t hitung lebih besar dari 0,05 maka hipotesisnya ditolak artinya persepsi mahasiswa tentang sertifikasi guru tidak dapat digunakan untuk memprediksi motivasi mahasiswa menjadi guru.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikemukakan beberapa saran diantaranya adalah: 1) Mengacu pada keterbatasan variabel pada penelitian ini maka peneliti menyarankan kepada para pembaca yang berminat meneliti atau mengembangkan penelitian sejenis maka sebaiknya menambahkan variabel-variabel yang lebih menarik atau bervariasi dengan demikian diharapkan hasil yang diperoleh dapat mengungkap lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil temuan penelitian yang lebih berarti dan bermanfaat bagi banyak pihak. Variabel tersebut diantaranya adalah prestasi belajar, lingkungan sosial seseorang, IQ dan EQ, pendidikan orang tua, latar belakang ekonomi orang tua, latar belakang pendidikan mahasiswa, dan lain sebagainya

, 2) Mengacu pada keterbatasan populasi pada penelitian ini maka peneliti menyarankan kepada para pembaca yang berminat meneliti atau mengembangkan penelitian sejenis maka sebaiknya menambahkan jumlah responden, 3) Penelitian ini berusaha untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas (independent variabel) yaitu persesi mahasiswa tentang sertifikasi guru terhadap variabel terikat (dependent variabel) yaitu minat dan motivasi mahasiswa untuk menjadi guru. Mengingat ada 2 variabel terikat (dependent variable), sehingga selain dapat menjelaskan pengaruh masing-masing variabel secara parsial saja peneliti juga dapat menjelaskan hubungan variabel secara simultan. Sehingga peneliti selanjutnya bisa mengembangkan dan mengkombinasikan teknik analisis yang lain, untuk mengetahui hubungan parsial antar variabel bebas dan terikat serta hubungan simultannya. Misalnya pada penelitian selanjutnya variabel minat dijadikan variabel perantara (intervening) sehingga peneliti bisa menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis). Hal tersebut dilakukan agar dapat diperoleh hasil penelitian yang lebih bervariasi yang diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih besar


ABSTRACT

 

Khoiriyah, Anikmatul. 2009. Influential  Perception the Student About Teacher Certification Towards the Interest and the Motivation of Student to be Teacher (The Student Case Study D-3 Which Change Position of Stage to S-1 Education  of Accountancy at Semester Odd 2007/2008). Tesis.  The Program to Study the Education of Accountancy. Direction of Accountancy. Faculty of Economics in State University of Malang  Advisor:  (1) Yuli Widi Astuti S.E, M.Si Ak, (2) Dr. Drs Bambang Sugeng S.E. Ak, MA, M.M

 

 

 

            Education is process of human resource development  qualified and have a role important for personify that is teacher. The temporary of perception that a profession of teacher still are assumed less worthy from financial aspect so that this profession less an interested. concurrent with go out of government wisdom that included in edict number 14 about teacher and lecturer aim predominantly is increase quality and teacher professionalism, also promise to guarantee a repair of welfare the teacher , social security and also the rights and teacher duty. If this is genuinely materialized, so can supposed to increase the interest and the motivation a candidate of the teacher in this case the student. This research aim is for detect influence a perception of the student about teacher certification towards the interest and the student motivation to be teacher.

This research is the explanation research, which endeavour to verify the variables which a hypothesis and look for influence between the independent variables towards the dependent variable. The independent variable in this research is student perception about teacher certification, and an exist two the dependent variables that is the student interest to be teacher and the student motivation to be a teacher. population in this research is entire student input from diploma program 3 to S-1 the education of accountancy semester odd 2007/2008 until semester complete 2008/2009 as much as 35 students. The collecting data is done with giving questioner to respondents and analyzed to use simple linear regression analysis with SPSS 16.0 for windows.

            This research uses twice regression tests for detect to influence the independent variables towards dependent variables separately. The research result by first regression to show that standard signification 0,011 is escort t a count as big as 2,680 in α as big as 5 %, because signification that espouse t a count of smaller than 0,05 so the hypothesis is accepted to mean student perception about teacher certification can be used to predict student interest to be teacher. Second regression result is got value signification as big as 0,287 that espouse t a count as big as 1,081 in α as big as 5 %, because signification that espouse t a count bigger than 0,05 so the hypothesis is averse to mean student perception about teacher certification can’t be used to predict student motivation to be the teacher.

Based on research result, can be proposed several suggestions to among other: 1) refer in variable limitedness in this research so researcher propose to readers have an interest to canvass or develop research of a kind so better add more a variables an interesting or assorted by mean of such supposed a result that got can uncover more troubleshoots and giving a result the research finding to more mean and useful to many sides. That variables amongst to accomplishment learns, somebody social environment, IQ and EQ, education of parents, parents economy background, education background of student,  and another.

, refer in population limitedness in this research so researcher propose to readers have an interest to canvass or develop research of a kind so better add respondent total, 3) this watchfulness is out for detects influence between the independent variables (independent variables) that is perception student about teacher certification towards the dependent variables (dependent variables) that is the interest and the student motivation to be teacher. Remember there are 2 the dependent variables (dependent variable), so that besides can explain an influence each variables partially also can explain variables connection simultaneously. So that the researcher furthermore can develop and combining other analysis technique, to detect partial connection delivers the dependent variables and the independent variables and also the simultaneous connection. For example in the research furthermore interest variables to be made the mediator variables (intervening) so that researcher can use the lane analysis technique (path analysis). That item to be done in order that can the obtainable research result more assorted and can giving is benefits a larger.