SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang

Mike Tania

Abstrak


ABSTRAK

 

Tania, Mike. 2011. Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang.   Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Siti Thoyibatun, M.Pd, M.M.,  (II) Makaryanawati, S.E, M.Si, Ak.

 

Kata kunci: Bimbingan orang tua, kedisiplinan belajar, prestasi belajar.

Dalam kenyataan, sering ditemukan bahwa orang tua merasa tidak perlu membimbing anak untuk belajar karena anak dianggap telah dewasa dan dapat menjalankan tugas secara mandiri. Padahal bimbingan belajar tetap harus diberikan agar dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki anak. Di samping itu, salah satu syarat keberhasilan belajar adalah adanya kedisiplinan dalam mendalami pengertian, sikap, dan keterampilan. Kedisiplinan belajar sangat dibutuhkan dalam usaha pembiasaan agar kemampuan seseorang dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh antara bimbingan orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa jurusan akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah bimbingan orang tua (X1) dan kedisiplinan belajar (X2) sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar (Y). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan akuntansi di SMK ardjuna 2 Malang yang berjumlah 61 siswa. Data yang diperoleh dari hasil kuesioner dan dokumentasi diolah dengan teknik analisis regresi berganda. Teknik analisis regresi berganda digunakan untuk menganalisis seberapa jauh pengaruh bimbingan orang dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi siswa jurusan akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang.

Dari hasil penelitian, diketahui terdapat pengaruh signifikan antara bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa jurusan akuntansi di SMK ardjuna 2 Malang didasarkan dari hasil analisis dengan nilai nilai t hitung (2,032) > t tabel (2,001) dan nilai signifikansi lebih kecil dari alpha, yaitu 0,047 < 0,05. Kedisiplinan belajar juga memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa jurusan akuntansi di SMK Ardjuna 2 Malang didasarkan hasil analisis dengan nilai nilai t hitung (3,425) > t tabel (2,001) dan nilai signifikansi lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,01< 0,05. Selain itu, dari hasil persamaan regresi diketahui bimbingan orang tua memberikan kenaikan sebesar 0,023 terhadap prestasi belajar dan kedisiplinan belajar memberikan kenaikan sebesar 0,055 terhadap prestasi belajar jika variabel-variabel tersebut mengalami kenaikan satu satuan.

Bimbingan belajar yang dilakukan orang tua terhadap anak harus ditingkatkan agar kemampuan yang dimiliki dapat meningkat. Selain itu, diperlukan adanya sikap disiplin dalam belajar yang ditunjukkan dengan secara aktif tanpa paksaan untuk menaati peraturan dan belajar secara konsisten serta teratur agar tercipta suasana belajar yang baik.