SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PERBEDAAN HARGA DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM PERUSAHAAN PEMENANG INDONESIA SUSTAINABILITY REPORTING AWARD (ISRA) 2008

RIZKY HAGYA DESHINTA

Abstrak


ABSTRAK

 

Deshinta, Rizky Hagya. 2010. Analisis Perbedaan Harga dan Volume Perdagangan Saham Perusahaan Pemenang Indonesia Sustainability Reporting Award 2008. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak. (II) Sriyani Mentari, S.Pd., M.M

.

Kata Kunci : Sustainability Reporting, Abnormal Return, Trading Volume Activity

Indonesia Sustainability Reporting Award adalah event yang diselenggarakan oleh IAI-KAM dan NCSR yang ditujukan untuk korporat yang menerapkan Sustainability Reporting (SR) secara baik. Sustainability Reporting sendiri adalah laporan yang memuat kinerja ekonomi, lingkungan dan tanggungjawab sosial korporat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris perbedaan harga saham yang diproksikan Abnormal Return (AR) dan Trading Volume Activity (TVA) sebelum dan sesudah pengumuman Indonesia Sustainability Reporting Award (ISRA) 2008.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif, dimana penelitian ini membandingkan Abnormal Return dan Trading Volume Activity sebelum dan sesudah pengumuman event Indonesia Sustainability Reporting Award 2008 pada perusahaan pemenang award yang listing di BEI. Periode pengamatan dilakukan selama 10 hari, yaitu 5 hari sebelum dan sesudah event. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah harga saham harian (closing price), jumlah saham yang diperdagangkan, serta jumlah saham yang beredar pada perusahaan pemenang Indonesia Sustainability Reporting Award 2008. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Wilcoxon Signed Ranks Test dengan taraf signifikansi α=5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan baik untuk Abnormal Return dan Trading Volume Activity sebelum dan sesudah event Indonesia Sustainability Reporting Award 2008 pada perusahaan pemenang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Indonesia Sustainability Reporting Award 2008 tidak mempunyai kandungan informasi sehingga tidak dapat mempengaruhi keputusan investor atau pasar modal tidak bereaksi akan adanya event Indonesia Sustainability Reporting Award 2008 dan diduga karena kurangnya publikasi oleh pihak perusahaan pemenang dan penyelenggara.

Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan antara lain: (a) pihak penyelenggara dengan perusahaan terkait hendaknya melakukan publikasi melalui berbagai media sehingga investor dengan mudah mendapat sinyal good news yang diberikan sebagai sarana komunikasi perusahaan untuk memberikan nilai tambah perusahaan sehingga dapat mempengaruhi keputusan investor, (b) peneliti selanjutnya hendaknya menggunakan jenis, variabel, serta periode penelitian yang berbeda.