SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh persepsi profesionalitas guru dan penggunaan media pembelajaran berbasis IT terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang.

CHRISTINA MEDYARANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Medyarani, Christina. 2011. Pengaruh persepsi profesionalitas guru dan penggunaan media pembelajaran berbasis IT terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Prodi S1 Pendidikan Akuntansi. Pembimbing: (I) Dr. H. Tuhandjo, S.E., M.Si, Ak (II) Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed.

 

Kata Kunci: profesionalitas guru, media pembelajaran berbasis IT, motivasi belajar siswa.

Profesionalitas guru adalah seperangkat fungsi dan tugas dalam pendidikan berdasarkan keahlian yang diperoleh melalui pendidikan dan latihan khusus di bidang pekerjaan yang mampu mengembangkan karya secara ilmiah disamping mampu menekuni bidang profesinya itu selama hidupnya. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi yang telah demikian pesat, guru tidak lagi hanya bertindak sebagai penyaji informasi, tetapi juga harus mampu bertindak sebagai fasilitator, motivator, dan pembimbing yang lebih banyak memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mencari dan mengolah sendiri informasi. Dengan demikian, keahlian guru harus terus dikembangkan dan tidak hanya terbatas pada penguasaan prinsip mengajar.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh: (1) profesionalitas guru terhadap motivasi belajar siswa secara parsial, dan (2) media pembelajaran berbasis IT terhadap motivasi belajar siswa secara parsial. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang yaitu sebanyak 135 siswa. Teknik pengambilan sampel  adalah proportional random sampling sehingga diperoleh sampel berjumlah 57 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah  profesionalitas guru (X1), dan media pembelajaran berbasis IT (X2), sedangkan variable terikatnya adalah motivasi belajar siswa (Y). Teknik pengumpulan data yang guru (X1), dan media pembelajaran berbasis IT (X2), sedangkan variable terikatnya adalah motivasi belajar siswa (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian yang diperoleh: (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara profesionalitas guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan sig 0,228 > α 0,05, dan (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran berbasis IT terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dengan sig 0,003 < α 0,05.

Disarankan: (1) Bagi guru diharapkan dapat melakukan komunikasi secara efektif dengan siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, (2) Bagi sekolah diharapkan dapat menyediakan fasilitas media pembelajaran sesuai kebutuhan siswa agar dapat meningkatkan kualitas belajar siswa, (3) Bagi siswa, penggunaan media pembelajaran berteknologi sebagai sarana belajar kiranya perlu untuk ditingkatkan bukan hanya sebagai ajang untuk refreshing diri, (4) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya jumlah sampel dan populasi dikembangkan, selain itu pengumpulan data hanya berupa angket dan dokumentasi sebaiknya dikembangkan berupa observasi dan wawancara dengan siswa dan diharapkan di pnelitian yang akan datang dapat diteliti banyak faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa.