SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Guru dan Kualitas Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas XI IPS SMA N 1 Gondang Tulungagung tahun ajaran 2010/2011.

DYAN NOVITA

Abstrak


ABSTRAK

 

Novita, Dyan. 2011. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kemampuan Mengajar Guru dan Kualitas Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas XI IPS SMA N 1 Gondang Tulungagung tahun ajaran 2010/2011. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Makaryanawati, S.E, M.Si, Ak, (2) Dra.Hj. Sutatmi, S.E, M.Pd, M.Si, Ak

 

Kata kunci: persepsi, kemampuan mengajar guru, kualitas sekolah, motivasi belajar.

Kemampuan mengajar guru adalah salah satu faktor penunjang keberhasilan pembelajaran. Kemampuan mengajar guru sangat diperlukan untuk mengatasi kebosanan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sehingga siswa mempunyai persepsi positif jika guru mampu mengajar dengan menarik. Persepsi inilah yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa juga dapat ditimbulkan dari kualitas sekolahnya. Apabila siswa telah merasa puas dengan kualitas sekolahnya, maka siswa akan memberikan persepsi positif. Hal ini dikarenakan siswa beranggapan bahwa sekolah mereka berkualitas baik maka siswa berusaha mempertahankan kualitas sekolahnya dengan motivasi belajar yang tinggi sehingga prestasi belajar juga meningkat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dan kualitas sekolah terhadap motivasi belajar. Penelitian ini termasuk penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI IPS SMA N I Gondang Tulungagung dengan sampel yang berjumlah 64 siswa dan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMAN 1 Gondang sebesar sebesar 33,3%. Hal ini dapat dilihat dari nilai t sebesar 4,234 dengan taraf signifikansi alpha 0,000. Persepsi siswa tentang kualitas sekolah mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMAN 1 Gondang sebesar 25,2%. Hal ini dapat dilihat dari nilai t sebesar 3,354 dengan taraf signifikansi 0,001.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang kemampuan mengajar guru dan kualitas sekolah berpengaruh secara positif signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMAN 1 Gondang. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah (1) Sekolah harus selalu mempertahankan kualitas sekolah, (2) guru diharapkan dapat mengasah kompetensinya agar tercipta suasana pembelajaran menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa,(3) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian yang serupa dengan memperhatikan jumlah variabel bebas dan masalah populasi sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal.