SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh informasi arus kas dan laba bersih perusahaan terhadap expected return saham pada perusahaan LQ-45 yang listing di bursa efek Indonesia (BEI) periode Februari 2004-Januari 2008

Fena Ulfa Aulia

Abstrak


Salah satu pertimbangan utama seorang investor sebelum berinvestasi dalam bentuk saham yaitu mengenai return yang akan diperolehnya. Untuk itu, investor membutuhkan banyak informasi mengenai kondisi dan prospek perusahaan yang akan dipilih. Syarat utama yang diinginkan oleh para investor untuk bersedia menginvestasikan dananya kepada suatu perusahaan melalui pasar modal adalah perasaan aman akan investasi dan tingkat return yang akan diperoleh dari investasi tersebut. Perasaan aman tersebut diperoleh dari informasi yang diterima investor berupa informasi yang jelas, wajar, dan tepat waktu sebagai dasar dalam pengambilan keputusan investasinya. Berkaitan dengan hal ini, maka informasi yang relevan dalam pengambilan keputusan investasi adalah informasi yang bersumber dari laporan keuangan. Parameter kinerja perusahaan yang mendapat perhatian utama dari investor dari laporan keuangan ini adalah laba dan arus kas.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh informasi arus kas dan laba bersih terhadap expected return saham perusahaan LQ-45, baik secara individual maupun simultan. Informasi arus kas ini diproksikan dengan rasio arus kas operasi, arus kas investasi dan arus kas pendanaan. Selanjutnya, laba bersih diukur dengan earnings after tax index. Dan untuk expected return saham diukur menggunakan E (Ri)    = 
Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi yang dirancang dengan menggunakan design korelasi/ asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah semua perusahaan yang listing di BEI selama tahun 2007. Dari populasi tersebut, kemudian digunakan metode purposive sampling untuk menentukan sampel penelitian. Dalam penelitian ini terdapat 25 perusahaan LQ-45 sebagai perusahaan sampel yang listing di BEI selama periode  Febuari 2004- Januari 2008. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan arus kas, laporan laba-rugi dan expected return saham triwulanan.
Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis yang diuji dengan analisis regresi berganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa signifikansi kualitas informasi arus kas berbeda pada setiap komponennya. Berdasarkan hasil uji t terbukti bahwa informasi arus kas operasi tidak berpengaruh terhadap expected return saham karena nilai t hitung (0.658) lebih kecil dari t tabel (1.967). Berbeda dengan arus kas operasi, informasi arus kas investasi, pendanaan dan laba bersih secara parsial berpengaruh signifikan terhadap expected return saham. Hal ini dapat ditunjukkan dari nilai t hitung (2.222) untuk arus kas investasi, (2.942) untuk arus kas pendanaan dan (9.335) untuk laba bersih yang lebih besar dari t tabel (1.967).
Dari hasil pengujian hipotesis tersebut menunjukkan bahwa informasi arus kas dan laba bersih secara simultan berpengaruh signifikan terhadap expected return saham. Hal ini berarti investor sebaiknya menggunakan informasi laporan keuangan arus kas dan laba bersih sebagai pertimbangan dalam membuat keputusan investasi terkait dengan tinkat expected return saham.