SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh earning per share (EPS) dan tingkat likuiditas perusahaan terhadap perubahan harga saham perusahaan manufaktur yang listing di Bura Efek Indonesia

Eduardus Yudhistira Adhie Nugraha

Abstrak


Salah satu yang menjadi perhatian seorang investor adalah laba yang dihasilkan per lembar saham, karena tujuan seorang investor menanamkan investasi adalah untuk memperoleh return. Selain itu juga ada rasio likuiditas, apabila nilai rasio tersebut bernilai buruk selama jangka panjang maka hal tersebut juga akan mempengaruhi kemampuan solvabilitas perusahaan. Jika analisis keuangan perusahaan tersebut memiliki prospek yang dianggap bagus di masa mendatang, maka hal tersebut dapat mempengaruhi tingkat permintaan terhadap saham tersebut. Apabila tingkat permintaan naik sedangkan jumlah saham yang ditawarkan tetap maka hal tersebut akan mempengaruhi harga saham yang beredar di pasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap harga saham perusahaan-perusahaan manufaktur yang go public di BEI, (2) Untuk mendeskripsikan pengaruh kemampuan likuiditas perusahaan terhadap harga saham perusahaan–perusahaan manufaktur yang go public di BEI, (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh Earning Per Share (EPS) dan kemampuan likuiditas terhadap harga saham perusahaan–perusahaan manufaktur yang go public di BEI.
 
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yng terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2005-2007. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, berdasarkan teknik tersebut maka didapat 43 sampel perusahaan manufaktur. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh signifikan antara Earning per Share (EPS) dengan harga saham, (2) tidak ada pengaruh signifikan antara kemampuan likuiditas perusahaan dengan harga saham, (3) tidak ada pengaruh secara simultan antara Earning Per Share (EPS) dan likuiditas dengan harga saham.

Bagi kepentingan penelitian di masa mendatang peneliti menyarankan agar pada penelitian mendatang menggunakan periode lebih panjang dan jumlah sampel yang lebih besar, bagi para investor sebaiknya juga mempertimbangkan kemampuan likuiditas perusahaaan.