SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-faktor yang menentukan keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS dan XII IPS di SMA Taman Madya Malang

Risanto Nurcahyo

Abstrak


Keberhasilan belajar dalam proses kegaiatan belajar mengajar merupakan suatu yang sangat berarti bagi siswa serta guru. Tetapi keberhasilan belajar tidak selalu selama dicapai dengan mudah dan cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) faktor internal yang menentukan keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi, (2) faktor eksternal yang menentukan keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi, (3) faktor yang mempunyai pengaruh paling dominan yang menentukan keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi.
Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dan XII IPS di SMA Taman Madya yang sebanyak 211 siswa. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 54 siswa dengan menggunakan cara purposive random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berupa angket yang bersifat tertutup. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan deskriprif kuantitatif dengan menggunakan distribusi frekuensi dan persentase yang digunakan berdasarkan interval skor. Sedangkan teknik analisis faktor yang digunakan adalah untuk mencari faktor internal, faktor eksternal, dan faktor yang mempunyai pengaruh paling dominan yang menentukan keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi.
Dalam hasil penelitian ini menggunakan analisis faktor di SMA Taman Madya Malang menunjukkan : (1) faktor internal yang menentukan keberhasilan belajar siswa, yaitu kesehatan jasmani dengan nilai loading sebesar 0,666; bakat dengan nilai loading sebesar 0,998; minat dengan nilai loading sebesar 0,881; sikap dengan nilai loading sebesar 0,738; dan motivasi dengan nilai loading sebesar 0,881; (2) faktor eksternal yang menentukan keberhasilan belajar siswa, yaitu keluarga dengan nilai loading sebesar 0,846; sekolah dengan nilai loading sebesar 0,498; dan masyarakat dengan nilai loading sebesar 0,789; sedangkan (3) faktor yang mempunyai pengaruh paling dominan yang menentukan keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi adalah F1 yang ditafsirkan sebagai faktor internal. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempunyai pengaruh paling dominan menentukan keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi adalah F1 yang diinterpretasikan sebagai faktor internal. Sedangkan faktor internal yang menentukan keberhasilan belajar siswa di SMA Taman Madya Malang adalah motivasi, maka siswa diharapkan lebih belajar dengan giat dan mampu menjaga kesehatan tubuhnya untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal. Guru diharapkan dapat membimbing siswanya dengan baik serta dapat menjadi motivator bagi siswa agar siswa lebih giat untuk belajar.