SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan pembelajaran akuntansi dengan pendekatan konstruktivistik melalui metode problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar di SMK Muhammadiyah 2 Malang

Murni Wijayanti

Abstrak


Pembelajaran akuntansi yang diterapkan di SMK Muhammadiyah 2
Malang adalah model ceramah, penugasan, tanya jawab. Selain itu diketahui
bahwa kegiatan pembelajaran masih berorientasi pada target kurikulum, sehingga
apa yang dikerjakan siswa kurang bermakna. Siswa hanya memberikan soal-soal
untuk dikerjakan dan tidak memahami konsep pembelajaran tersebut. Hal ini
menyebabkan siswa kurang bisa mengembangkan kemampuan dan potensi yang
dimiliki. Hal ini akan berakibat pada kurangnya pemahaman siswa terhadap
materi yang dipelajari, sehingga prestasi belajar siswa khususnya pada kelas
akuntansi kurang optimal. Agar siswa memiliki kemampuan dalam memahami
konsep materi, sikap positif, serta kerampilan dalam pembelajaran ini maka
digunakan pendekatan konstruktivistik metode problem based learning. Melalui
pendekatan konstruktivistik guru akan menggali pengetahuan awal siswa terhadap
materi dan siswa yang membangun sendiri pemahannya, guru sebagai fasilitator.
Kemudian dilanjudkan metode problem based learning dimana guru (1)
mengorientasikan siswa pada masalah, (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar
(3) membantu penyelidikan individu atau kelompok (4) menyajikan hasil karya
(5) analisis dan evaluasi pemecahan masalah.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian
tindakan kelas. Rancangan penelitian disusun dalam dua siklus, dimana tiap-tiap
siklus meliputi (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes,
dokumentasi, angket. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) aktivitas
siswa dan guru dalam mengikuti pembelajaran akuntansi dengan pendekatan
konstruktivistik metode problem based learning, (2) persepsi siswa terhadap
pembelajaran akuntansi dengan pendekatan konstruktivistik metode problem
based learning, (3) persepsi guru terhadap pembelajaran akuntansi dengan
pendekatan konstruktivistik metode problem based learning, (4) pengembangan
pembelajaran pembelajaran akuntansi dengan pendekatan konstruktivistik metode
problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK
Muhammadiyah 2 Malang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran akuntansi yang
diterapkan menjadikan siswa lebih aktif, dalam hal ini guru sebagai fasilitator dan
memberikan bimbingan pada siswa. Aktivitas siswa yang meliputi mendengarkan
penjelasan guru tentang tujuan dan materi yang dipelajari, menjawab pertanyaan,
membentuk kelompok belajar, mempresentasikan hasil diskusi, mengikuti
jalannya diskusi dengan memberikan pertanyaan, sanggahan, tanggapan atas
jawaban yang diberikan, dan menyimpulkan hasil diskusi pada siklus I 87,5 %