SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh likuiditas terhadap kebijakan dividen di perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia (studi pada perusahaan manufaktir periode 2005-2007)

Ulis Fitriani

Abstrak


Kebijakan dividen merupakan suatu kebijakan mengenai penentuan besarnya keuntungan yang akan didistribusikan kepada pemegang saham dan seberapa besar keuntungan yang akan ditahan di dalam suatu perusahaan untuk pembiayaan investasi dimasa yang akan datang. Secara teoritis likuiditas perusahaan merupakan pertimbangan utama dalam kebijakan dividen. Karena dividen bagi perusahaan merupakan kas keluar, maka semakin besar posisi kas dan likuiditas perusahaan secara keseluruhan akan semakin besar kemampuan perusahaan untuk membayar dividen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas terhadap kebijakan dividen.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan Manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2005 – 2007. Sampel yang digunakan sebanyak 16 perusahaan Manufaktur tahun 2005 – 2007 yang ditetapakan dengan purposive sampling. Data penelitian ini berupa data sekunder yang bersumber dari dokumen ,data ini berasal dari laporan keuangan masing – masing perusahaan manufaktur yang diperoleh dari Indonesian capita market directory (ICMD) periode 2005 – 2007 serta data-data yang diambil dari sumber lain yang terkait seperti intrnet dan pusat informasi pasar modal (PIPM). Kegiatan pengumpulan data dengan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Analisis data termasuk pengujian asumsi semuanya dilakukan menggunakan software SPSS (Statistical Package for Social Sciences)versi  15.0 for windows
   
Berdasarkan uji F dan uji t yang telah dilakukan, secara keseluruhan menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara likuiditas terhadap kebijakan dividen . Hal ini tercermin dari adanya signifikansi cash ratio (CSR) dan net working capital (NWC) terhadap kebijakan dividen yang diukur dengan dividen payout ratio (DPR). Temuan ini juga mendukung keberlakuan  agency cost theory yang mempergunakan dividen untuk mengharmonisasikan hubungan antara manajemn dengan pemegang saham.
   
Likuiditas merupakan salah satu factor yang dapat mempengaruhi kebijakan dividen. Untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan menambahkan variable penjelas lainya misalnya kebutuhan dana perusahaan, kemampuan meminjam perusahan, keadaan pemegang saham, stabilitas dividen. Selain itu juga bisa menambah jumlah sample yang akan diteliti yaitu tidak hanya perusahaan yang membayar dividen saja tetapi juga dengan perusahaan yang tidak membagikan dividen kepada para pemegang saham, bertujuan untuk mendapatkan hasil yang representatif.