SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Corporate Governance dan Leverage Terhadap Kinerja Perusahaan pada Perusahaan yang terdaftar dalam pemeringkatan corporate governance perception index periode tahun 2008

Ganis Samsidar

Abstrak


ABSTRAK

 

Samsidar, Ganis. 2010. Pengaruh Corporate Governance dan Leverage terhadap Kinerja Perusahaan pada Perusahaan yang terdaftar dalam pemeringkatan Corporate Governance Perception Index periode tahun 2006-2008. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Triadi Agung Sudarto, S.E.,Ak., M.Si. (II) Helianti Utami, S.E.,Ak., M.Si.

 

Kata Kunci:  Corporate Governance, Leverage dan Kinerja Perusahaan.

 

Corporate governance merupakan suatu elemen kunci dalam meningkatkan efisiensi ekonomis, yang meliputi serangkaian hubungan antara manajemen perusahaan, dewan direksi dan komisaris perusahaan, para pemegang saham dan stakeholder lainnya, sedangkan Leverage merupakan kemampuan suatu perusahaan dalam memenuhi seluruh kewajiban jangka pendek maupun jangka panjangnya sehingga dapat menunjukkan seberapa besar aktiva atau modal perusahaan dibiayai oleh hutang. Dari penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa Corporate Governance dan  Leverage dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam menilai kinerja perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan  Corporate Governance dan  Leverage terhadap Kinerja Perusahaan pada perusahaan yang terdaftar dalam pemeringkatan Corporate Governance Perception Index periode tahun 2008.

  Populasi yang digunakan adalah perusahaan yang terdaftar dalam pemeringkatan Corporate Governance Perception Index tahun 2006-2008, dimana dari populasi tersebut terpilih 15 perusahaan berdasarkan metode  purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan cara dokumentasi data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahan yang terdapat pada  Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS 16 for windows, dengan taraf signifikansi 5%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel corporate governace  mempunyai hubungan searah dan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan (ROA). Leverage secara parsial mempunyai hubungan berlawanan arah dan berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan (ROA).Corporate governance dan  leverage  memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perusahaan (ROA) pada perusahaan yang terdaftar dalam pemeringkatan  Corporate Governace Perception Index tahun 2008.