SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, rasio leverage Terhadap Kebijakan Dividen Kas Pada Perusahaan manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2006-2008

Mita Tria Febriana

Abstrak


ABSTRAK

 

Febriana, Mita Tria. 2010. Pengaruh Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Rasio Leverage terhadap Kebijakan Dividen Kas pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI tahun 2006-2008. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak. (2) Prof. Dr. Bambang Sugeng,S.E, MA, MM, Ak.

 

Kata Kunci: Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Rasio Leverage, Kebijakan Cash Dividend

 

Kebijakan cash dividend merupakan kebijakan perusahaan yang berkaitan dengan pertimbangan dalam pembagian dividen kas kepada pemegang saham atau di reinvestasikan kembali oleh pihak manajemen. Keputusan pembagian dividen kas merupakan sebuah keputusan yang penting bagi perusahan. Berdasarkan signaling theory bahwa informasi tentang cash dividend yang dibayarkan kepada investor dianggap sebagai prospek perusahaan di masa mendatang. Penetapan kebijakan dividen dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor financial dan faktor nonfinancial. Pada penelitian ini lebih memfokuskan pada aspek financial yang secara langsung menggambarkan keadaan suatu perusahaan.

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh rasio likuiditas, rasio profitabilitas, dan rasio leverage terhadap cash dividend. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di BEi tahun 2006-2008. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 14 sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda.

Hasil analisis menunjukkan bahwa hanya rasio profitabiltas (return on investment) yang dominan bernilai positif berpengaruh terhadap kebijakan cash dividend (dividend payout ratio), sedangkan likuiditas (current ratio) dan leverage (debt to equity ratio) tidak bernilai negatif tidak berpengaruh terhadap kebijakan cash dividend (dividend payout ratio). Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini menyarankan agar dalam penelitian selanjutnya mempertimbangkan variabel lain seperti rasio solvabilitas, rasio aktivitas, serta variabel makro ekonomi (seperti tingkat bunga, kurs rupiah terhadap valuta asing, neraca pembayaran, ekspor-impor dan kondisi ekonomi lainnya) dan variabel non ekonomi (seperti kondisi politik). Variabel-variabel diluar kondisi perusahaan tersebut sangat mungkin mempengaruhi kinerja perusahaan terutama yang tercermin dalam besaran pembagian dividen terutama cash dividend.yang mungkin juga berpengaruh terhadap kebijakan cash dividend.