SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Stock Market Value, Net Profit Margin , dan Leverage Operasi terhadap Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2006 - 2008.

NURLITA FANI Rubyanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Rubyanti, Nurlita Fani. 2010. Pengaruh Stock Market Value, Net Profit Margin , dan  Leverage Operasi terhadap Perataan Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di Bursa Efek Indonesia Periode 2006 - 2008. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Dr. Dyah Aju Wardhani, M.Si., Ak Pembimbing II Cipto Wardoyo, Drs., S.E, M.Pd, M.Si. Ak

 

 

Kata Kunci:   Stock Market Value, Net Profit Margin, Leverage Operasi dan Perataan Laba

 

Media komunikasi yang umum digunakan untuk menghubungkan berbagai pihak dalam perusahaan adalah laporan keuangan. Laporan keuangan perusahaan menggambarkan kondisi dan perkembangan keuangan perusahaan. Untuk memperlihatkan kinerja yang positif, seringkali manajemen melakukan praktik perataan laba. Manajemen perataan laba digunakan untuk menciptakan laba yang stabil dan perataan laba juga dilakukan oleh para manajer untuk mengurangi fluktuasi dari laba yang dilaporkan. Perataan laba dipengaruhi oleh berbagai faktor yang diantaranya adalah Stock Market Value, Net Profit Margin, Leverage Operasi dan untuk itu dibutuhkan adanya analisis terhadap pengaruh dari faktor-faktor tersebut diatas terhadap perataan laba.

Berdasarkan ilustrasi sebelumnya, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah Stock Market Value, Net Profit Margin dan Leverage Operasi mempunyai pengaruh secara simultan dan parsial terhadap Perataan Laba". Penelitian ini dilakukan kepada perusahaan Manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia sebanyak tiga puluh empat perusahaan dan penelitian ini diambil mulai tahun 2006 sampai dengan tahun 2008.

Dari hasil penelitian ini bahwa Hipotesis pertama yang diajukan yakni bahwa stock market value, net profit margin dan leverage operasi mempunyai pengaruh secara simultan terhadap perataan laba, terbukti berpengaruh kebenarannya dan Hipotesis kedua yang diajukan yakni bahwa stock market value, net profit margin dan leverage operasi mempunyai pengaruh secara parsial terhadap perataan laba, dapat terbukti kebenarannya karena berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa variabel net profit margin dan leverage operasi yang memiliki pengaruh nyata terhadap perataan laba.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel lain  yang lebih potensial memberikan kontribusi terhadap variabel perataan laba, seperti misalnya tingkat inflasi, gross profit margin, price earning ratio, serta kondisi pasar saham. Disarankan juga untuk menambah periode observasi, dan jumlah sampel penelitian, misalnya untuk semua perusahaan yang go public di Bursa Efek Indonesia, sehingga hasilnya lebih mencerminkan keadaan pasar modal di Indonesia yang sesungguhnya.