SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PERBEDAAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA PADA SISTEM FULL DAY DAN HALF DAY KELAS VII DI SMPN I WLINGI BLITAR

Checi Dwi Cahyanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyanto.Checi Dwi. 2010. Analisis Perbedaan Efektifitas Pembelajaran Siswa Pada Sistem Pembelajaran Full Day dan Half Day Kelas VII di SMP Negeri 1 Wlingi Blitar . Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Triadi Agung S, SE, M.Si, Ak., (II) Sawitri Dwi Prastiti, SE, M.Si, Ak.

 

Kata Kunci : Sistem Pembelajaran  Full Day  dan  Half Day, Efektifitas Pembelajaran.

 

Setiap tahun pemerintah menaikkan standar kelulusan siswa. Untuk itu sekolah harus mampu bersaing untuk menciptakan sistem pendidikan yang efektif. Untuk itu sistem pembelajaran  full day school diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan saat ini. Sistem pembelajaran  full day school memiliki beberapa perbedaan dibandingkan  dengan sistem pembelajaran  half day school.

Diantara perbedaan tersebut antara lain terletak pada jam belajarnya yang lebih lama, sarana prasarananya yang lebih lengkap dan para pengajar atau guru yang lebih professional. Berdasarkan permasalahan diatas, maka dicobakan pada kelas VII i sebagai kelas  full day  dan kelas VII c sebagai kelas  half day  di SMPN I Wlingi Blitar dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pembelajaran siswa sistem full day school dan half day school. 

Penelitian ini merupakan penelitian  komparatif dengan tujuan melihat perbedaan efektifitas pembelajaran sistem full day school dengan sistem half day school. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII i SMP Negeri 1 Wlingi sebanyak 37 siswa yang menggunakan sistem  full day dan kelas VII c SMP Negeri 1 Wlingi sebanyak 40 siswa yang menggunakan sistem  half day. Analisis data yang dilakukan meliputi uji homogenitas dan uji independent sampel t-test. 

Hasil analisis diperoleh tingkat signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 dari nilai signifikansi yang  diperoleh dapat dikatakan  bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti sistem pembelajaran berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran siswa yang dilihat dari sarana prasarana dan profesionalisme guru. 

Berdasarkan hasil analisis yang  dilakukan, maka kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa sistem pembelajaran full day school berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran yang berarti lebih efektif daripada sistem pembelajaran  half day school. Keterbatasan penelitian ini adalah peneliti tidak mengetahui perbedaan pandangan siswa tentang sistem pembelajaran yang ada. Sehingga disarankan agar sekolah-sekolah menerapkan sistem pembelajaran  full day school  sebagai salah satu alternatif  sistem pembelajaran yang dapat diterapkan.