SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh penggunaan program macromedia flash MX dalam pembelajaran akuntansi terhadap hasil belajar di Man 3 Malang

Dina VITASARI

Abstrak


ABSTRAK

Vitasari, Dina. 2010. Pengaruh Penggunaan Program Macromedia Flash MX dalam Pembelajaran Akuntansi Terhadap Hasil Belajar. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak. (2) Drs.Sumadi, S.E., M.M.  

 

Kata Kunci:   Program Macromedia Flash MX, Pembelajaran Akuntansi,  Hasil Belajar

 

Hasil Belajar yang dicapai oleh para siswa diduga erat kaitannya dengan pengaruh penggunaan media pembelajaran berupa Macromedia Flash MX. Media pembelajaran yang selama ini digunakan adalah media papan tulis, media ini dianggap masih kurang karena dengan media papan tulis, guru harus menyiapkan media lain apabila memberikan materi akuntansi.

Pembelajaran akuntansi dilalui melalui 4 tahapan,yaitu, (1)Tahap pencatatan, (2) Tahap pengikhtisaran, (3) Tahap pelaporan, (4) Tahap interpretasi laporan keuangan. Pada tahapan pencatatan para siswa butuh media yang konkrot untuk mengetahui bukti transaksi yang akan dicatat. Dengan adanya media pembelajaran Macromedia Flash MX, guru dapat menampilkan media pembelajaran didepan kelas, sehingga para siswa dapat mengetahui contoh bukti transaksi dengan jelas.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan media pembelajaran akuntansi yang dibantu dengan program Macromedia Flash MX terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS MA Negeri 3 Malang tahun ajaran 2010/2011.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi yang digunakan dalam penelitina ini adalah siswa kelas XI IPS MAN 3 Malang tahun ajaran 2010/2011. Sedangkan sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas XI yaitu sebanyak 64 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah program Macromedia Flash MX (X) Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas XI IPS  di MA Negeri 3 Malang (Y).

Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah analisi uji beda (uji-t). Berdasarkan penelitian ini diperoleh temuan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berupa Macromedia Flash MX terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di MA Negeri 3 Malang tahun ajaran 2009/2010. Pengumpulan data menggunakan tes obyektif dan angket.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan agar media pembelajaran Macromedia Flash MX  dijadikan salah satu alternative pilihan bagi guru bidang studi untuk meningkatkan hasil belajar dan juga diharapkan adanya penelitian lebih lanjut dengan menggunakan populasi yang lebih luas atau menambah variabel dalam penelitian.