SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Tipe Mengajar Guru Pada Mata Pelajaran Akuntansi Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Sikap Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang

DWI NOVIANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Novianti, Dwi. 2010. Pengaruh Tipe Mengajar Guru Pada Mata Pelajaran Akuntansi Terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Sikap Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, S1 Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ika Putri Larasati, S.E., M.Com. (II) Makaryanawati, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata kunci : Tipe Mengajar Guru Pada Mata Pelajaran Akuntansi, Motivasi Belajar Siswa, Sikap belajar Siswa    

 

Mutu pendidikan saat ini perlu ditingkatkan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru mempunyai peranan yang cukup besar dalam menentukan keberhasilan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan. Peranan guru sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan karena guru adalah pihak yang paling dekat berhubungan dengan peserta didik dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah. Dengan kata lain tipe mengajar guru diperlukan dalam proses belajar mengajar yang berimplikasi terhadap kualitas motivasi belajar siswa dan sikap belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tipe mengajar guru pada mata pelajaran akuntansi terhadap motivasi belajar siswa dan sikap belajar siswa.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi kuantitatif. Data diambil dari populasi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Malang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner). Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Pearson Product Moment untuk uji validitas, Alpha Cronbanch untuk uji reliabilitas, dan regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh dari variabel-variabel dalam penelitian.

Dari hasil analisis data diketahui terdapat pengaruh antara tipe mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai sig t (0,000) < α 0,050 dan tipe mengajar guru terhadap sikap belajar siswa dengan nilai sig t (0,000) < α 0,050. Nilai R square sebesar 0,413 menunjukkan bahwa variabel tipe mengajar guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa sebesar 41,3%. Sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain di luar penelitian. Nilai R square untuk variabel tipe mengajar guru terhadap sikap belajar siswa sebesar  0,575 yang menunjukkan bahwa variabel tipe mengajar guru berpengaruh terhadap sikap belajar siswa yaitu sebesar 57,5%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan para guru untuk mengembangkan kreatifitas dalam menentukan teknik (tipe) mengajar yang efektif dan variatif dalam proses belajar mengajar di kelas khususnya untuk mata pelajaran akuntansi dalam rangka meningkatkan motivasi belajar dan sikap belajar positif siswa.