SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PEMANFAATAN AKSES INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 MALANG

Riska Shofwatul Maulidiya

Abstrak


ABSTRAK

 

Maulidiya, Riska Shofwatul. 2010. Pengaruh Pemanfaatan Akses Internet Sebagai Sumber Belajar Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Bambang Sugeng, M.A, M.M, A.k. (2) Triadi Agung Sudarto, S.E, M.Si, Ak.

 

Kata Kunci: Pemanfaatan Akses Internet Sebagai Sumber Belajar Akuntansi,Prestasi Belajar

Internet telah menyediakan berbagai informasi yang dapat diakses secara online dimana saja dan kapan saja. Bagi para pendidik dan peserta didik, internet merupakan sumber ilmu pengetahuan yang selalu baru. Banyak artikel dan bahasan menarik yang dapat diperoleh di internet. Selain itu, artikel-artikel dalam internet lebih up to date jika dibandingkan dengan buku-buku atau majalah. Keberadaan akses internet di sekolah yang diberikan secara gratis, akan sangat bermanfaat dan membantu siswa untuk memperoleh informasi dan pengetahuan yang dapat menunjang dalam proses pembelajaran yaitu, mulai dari memperoleh materi yang akan dipelajari sebagai sumber belajar, sampai dengan penyelesaian tugas mata pelajaran. Siswa merupakan salah satu pihak yang paling diuntungkan dengan adanya internet. Aneka referensi tersedia dalam jumlah yang berlimpah yang dapat di akses. Pada umumnya perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi, sehingga dengan adanya internet memudahkan siswa mengakses informasi ke semua perpustakaan di seluruh dunia berupa digital library. Tukar menukar informasi atau tanya jawab dengan pakar, narasumber dan siswa lain di seluruh dunia dapat dilakukan melalui internet.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan akses internet sebagai sumber belajar akuntansi terhadap prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang yang berjumlah 103 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif sedangkan data yang digunakan adalah data primer berupa angket pemanfaatan akses internet sebagai sumber belajar akuntansi, sedangkan data sekunder berupa nilai rata-rata ulangan harian semester gasal tahun ajaran 2010/2011.

Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan akses internet sebagai sumber belajar akuntansi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi Pihak Sekolah sebaiknya meningkatkan kelengkapan fasilitas internet untuk menunjang pembelajaran siswa dan sekolah sebaiknya membatasi situs-situs di luar situs pendidikan, orang tua sebaiknya memperhatikan kebutuhan sumber belajar anaknya serta diusahakan untuk memenuhi semua kebutuhan belajar siswa agar siswa dapat belajar secara optimal dan dapat meingkatkan hasil belajarnya, dan bagi penelitian selanjutnya dapat menambah variabel lain seperti variabel pemanfaatan akses internet sebagai media pembelajaran