SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Persepsi Siswa tentang Sikap Guru PPL dan Keterampilan Mengelola Kelas terhadap Prestasi Siswa Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Malang

intan mayasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Mayasari, Intan. 2010. Persepsi Siswa tentang Sikap Guru PPL dan Keterampilan Mengelola Kelas terhadap Prestasi Siswa Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1) Drs. Cipto Wardoyo, S.E.Ak., M.Pd, M.Si, Pembimbing (2) Ika Putri Larasati, S.E., M.Com

 

Kata kunci: Persepsi, Sikap Guru PPL, Keterampilan Mengelola Kelas, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

Prestasi belajar merupakan salah satu tolak ukur menilai keberhasilan belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar, beberapa diantaranya seperti persepsi siswa tentang sikap guru PPL, keterampilan mengelola kelas, serta motivasi belajar. Jika persepsi siswa tentang sikap guru dan keterampilan mengelola kelas positif, maka akan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan secara tidak langsung akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung persepsi siswa tentang sikap guru PPL terhadap motivasi belajar siswa, (2) pengaruh langsung keterampilan mengelola kelas terhadap motivasi belajar siswa, (3) pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar, (4) pengaruh tidak langsung antara persepsi siswa tentang sikap guru PPL dan keterampilan mengelola kelas terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 1 Malang.

Penelitian ini termasuk penelitian eksplanasi dengan menggunakan analisis regresi dan analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Malang dengan jumlah sampel sebanyak 82 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) persepsi siswa tentang sikap guru PPL memiliki pengaruh langsung terhadap motivasi belajar, (2) keterampilan mengelola kelas tidak memiliki pengaruh langsung terhadap motivasi belajar, (3) motivasi belajar memiliki pengaruh langsung terhadap prestasi belajar siswa, (4) persepsi siswa tentang sikap guru PPL dan keterampilan mengelola kelas memiliki pengaruh tidak langsung terhadap prestasi belajar siswa memlalui motivasi belajar.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disarankan agar (1) guru PPL harus terus berusaha menjaga sikap selama kegiatan pembelajaran dan berusaha meningkatkan keterampilan mengelola kelas sehingga dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif serta mencoba model pembelajaran yang inovatif agar bisa memotivasi siswa, (2) meningkatkan motivasi belajar, karena dilihat dari persepsi siswa, guru PPL yang mengajar kelas X Akuntansi SMKN 1 Malang memiliki sikap dan keterampilan mengelola kelas yang cukup baik.