SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemanfaatan Media Pembelajaran oleh Guru dalam Pembelajaran Akuntansi di SMA Negeri 5 Malang

Veryana Verona Mufida

Abstrak


ABSTRAK

 

Mufida, Veryana Verona. 2010. Pemanfaatan Media Pembelajaran oleh Guru dalam Pembelajaran Akuntansi di SMA Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program S1 Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A. Ak, (II) Makaryanawati, S.E., M.M. Ak.

 

Kata kunci: pemanfaatan media pembelajaran, pembelajaran, SMA Negeri 5 Malang

Guru merupakan salah satu penentu keberhasilan dunia pendidikan. Sebagai tenaga pendidik yang profesional, guru melaksanakan perannya salah satunya dengan cara memanfaatkan sarana untuk menyampaikan materi pada anak didiknya. Media pembelajaran adalah instrumen penyalur informasi baik cetak maupun audiovisual lainnya sebagai bentuk kreatif guru agar meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005, Bab XII, Pasal 45 tentang sarana dan prasarana pendidikan yaitu “setiap satuan formal dan nonformal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kejiwaan peserta didik”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada kelas XI IPS oleh guru akuntansi dan upaya yang dilakukan guru akuntansi untuk memaksimalkan pemanfaatan media pembelajaran tersebut.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Subyek penelitian ini adalah guru akuntansi SMA Negeri 5 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Berdasarkan hasil analisis, kesimpulan yang dapat diambil yaitu guru tidak memanfaatkan media yang tersedia di kelas seperti televisi, LCD, white board dan layanan hotspot namun siswa sudah mampu mencapai nilai rata-rata di atas SKBM. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran tidak memberikan kontribusi yang besar dalam pembelajaran. Keberhasilan siswa ini dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain berasal dari faktor eksternal dan faktor internal.

Dari hasil penelitian dapat disarankan guru hendaknya lebih kreatif dalam pemanfaatan media pembelajaran, mampu mengolah media elektronik menjadi sesuatu yang menarik, mengikuti perkembangan teknologi sesuai perkembangan zaman, guru hendaknya mampu mengatur waktu dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum peminjaman laptop, serta guru harus pandai menyisipkan materi yang tertinggal dengan materi yang disajikan. Siswa hendaknya tidak memanfaatkan layanan hotspot untuk membuka facebok ketika proses pembelajaran. Siswa hendaknya bisa memanfaatkannya sesuai dengan tempatnya. Sekolah hendaknya menutup akses facebok ketika jam pelajaran dan hendaknya menambah penyediaan laptop. Bagi peneliti lain yang berminat terhadap masalah yang sama, hendaknya ketika pengambilan data melalui teknik wawancara lebih dikembangkan lagi sehingga mendapatkan data atau informasi yang mendalam