SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Tingkat Presentase Dividen Terhadap Harga Saham Perusahaan yang Tergabung dalam LQ45 Tahun 2005/2009

Erlinda Istikana

Abstrak


ABSTRAK

 

Istikana, Erlinda. 2010. Pengaruh Tingkat Persentase Dividen terhadap Harga Saham Perusahaan yang Tergabung dalam LQ45 Tahun  2005-2009. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Hj. Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si., Ak., (II) Ika Putri Larasati, S.E., M.Com.

 

Kata kunci : dividen payout ratio, harga saham.

Harga saham merupakan salah satu ukuran indeks prestasi perusahaan, yaitu seberapa jauh manajemen telah berhasil mengelola perusahaan atas nama pemegang saham. Harga saham sebagai indikator nilai perusahaan akan mengalami berbagai kemungkinan kenaikan harga atau penurunan harga karena dipengaruhi oleh berbagai variabel fundamental dan teknikal, dan variabel-variabel tersebut akan membentuk kekuatan pasar yang berpengaruh terhadap transaksi saham. Salah satu indikator yang mempengaruhi harga saham adalah tingkat persentase dividen yang dibayarkan perusahaan, yang dapat dilihat dari besarnya dividen payout ratio (DPR) perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh signifikan tingkat persentase dividen yang dibagi (DPR) terhadap harga saham perusahaan yang tergabung dalam LQ45 tahun 2005-2009.

Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang tergabung dalam LQ45 periode 2005-2009. Dengan teknik purposive sampling diperoleh 33 perusahaan sebagai sampel dari jumlah populasi sebanyak 89 perusahaan. Variabel terikat yang digunakan adalah dividen payout ratio, sedangkan variabel bebasnya adalah harga saham. Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis yang diuji dengan analisis regresi linear sederhana dan tingkat signifikan yang digunakan adalah 5%. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan signifikansi tingkat persentase dividen (DPR) kurang dari 0,05. Hal ini berarti bahwa H0 ditolak. Besarnya pengaruh dividen payout ratio terhadap harga saham adalah sebesar 14,6% yang tercermin dari besarnya R square sebesar 0,146.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan tingkat persentase dividen terhadap harga saham perusahaan yang tergabung dalam LQ45 tahun 2005-2009. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah sebaiknya bukan hanya dividen payout ratio saja yang digunakan sebagai variabel terikat, karena berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa pengaruh dividen payout ratio terhadap harga saham hanya sebesar 14,6%, sedangkan 85,4% disebabkan oleh faktor lain. Disamping itu, penelitian selanjutnya juga perlu memperluas sampel penelitian.