SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi (Studi Kasus pada Siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kademangan Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial)

Elly Masrifah

Abstrak


ABSTRAK

 

Masrifah, Elly. 2010. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Akuntansi (Studi Kasus pada Siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kademangan Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial). Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dyah Aju Wardhani, M.Si, Ak (2) Diana Tien Irafahmi, S. Pd, M. Ed

 

Kata Kunci: Prestasi Belajar, Kebiasaan, Motivasi.

 

Pendidikan merupakan salah satu ujung tombak kemajuan bangsa. Pendidikan merupakan tahap kegiatan yang bersifat kelembagaan yang dipergunakan untuk menyempurnakan perkembangan individu dalam penguasaan pengetahuan dan dalam pembentukan sikap. Dalam pendidikan tidak lepas dari kegiatan belajar. Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidup. Belajar juga merupakan proses dan merupakan unsur yang sangat penting dalam setiap pendidikan. Ini berarti berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan itu sangat bergantung pada proses belajar yang dialami oleh siswa, baik di sekolah maupun di rumah. Untuk memperoleh prestasi belajar yang baik dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya kebiasaan belajar dan motivasi belajar. Dari faktor itu dapat diketahui tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar.

Populasi dalam penelitian ini adalah pada siswa SMA Negeri 1 Kademangan kelas XII Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 107 siswa dan hanya diambil sampel sebanyak 69 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan kuesioner yang diberikan kepada responden dan dianalisis menggunakan Analisis Regresi Berganda  dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows.

Penelitian ini menggunakan uji regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat ( prestasi belajar). Hasil penelitian regresi menunjukkan bahwa Fhitung  lebih besar dari Ftabel yaitu sebesar Fhitung 31,101 sedangkan Ftabel 1,95 pada taraf  kepercayaan sebesar 95%, maka kebiasaan belajar dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar. thitung pada variabel kebiasaan sebesar 3,560 dan ttabel 2,002 pada taraf kepercayaan 95 %, karena thitung lebih besar dari ttabel, maka hipotesisnya diterima atau kebiasaan belajar mempengaruhi prestasi belajar. thitung  pada variabel motivasi 2,760 dan ttabel 2,002 pada taraf kepercayaan 95 %, karena thitung lebih besar dari ttabel, maka hipotesisnya diterima atau motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar. 

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara umum keboasaan belajar dan motivasi belajar mempengaruhi prestasi belajar siswa program studi ilmu pengetahuan sosial pada SMA Negeri 1 Kademangan. Untuk para pembaca yang menginginkan untuk meneliti ulang diharapkan mengembangkan instrumen dan menambah variabel yang lebih menarik. Siswa diharapkan bisa membiasakan untuk belajar lebih baik supaya mendapat prestasi yang baik.