SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH COOPERATIVE LEARNING DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP SIKAP BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 KREMBUNG

Yan Putri Kirana Shinta

Abstrak


ABSTRAK

 

Shinta, Yan Putri Kirana. Pengaruh Cooperative Learning Dengan Model Group Investigation Terhadap Sikap Belajar Dan Hasil Belajar Siswa XII IPS SMA Negeri 1 Krembung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A. M.M. Ak,  Pembimbing (II) Yuli Widi Astuti, S.E., M.Si. Ak.

 

Kata Kunci : cooperative learning dengan model group investigation, sikap belajar, hasil belajar.

 

Cooperative learning merupakan pembelajaran yang menekankan kerjasama kelompok untuk mencapai sikap dan hasil belajar yang memuaskan. Salah satu pembelajaran kooperatif adalah group investigation. Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation ini dirancang untuk membimbing siswa dalam mendefinisikan dan mengeksplorasi masalah. Model group investigation juga dirancang untuk mengumpulkan data yang relevan, mengembangkan dan menguji hipotesis. Melalui model ini siswa diharapkan dapat menganalisis suatu masalah dan bekerjasama dengan temannya. Sedangkan pembelajaran konvensional merupakan pembelajaran yang menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan sikap belajar dan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif model group investigation dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa XII IPS SMA Negeri 1 Krembung tahun ajaran 2010/2011. Sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas XII IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XII IPS 3 sebagai kelas kontrol. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah uji beda rata-rata (Uji-T). Hasil penelitian ini yang pertama menunjukkan tidak ada perbedaan secara signifikan sikap belajar antara kelas yang diajar dengan pembelajaran kooperatif model group investigation dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Kemudian yang kedua  menunjukkan ada perbedaan secara signifikan hasil belajar antara kelas yang diajar dengan pembelajaran kooperatif model group investigation dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional.

Penerapan model group investigation tidak efektif dalam meningkatkan sikap belajar siswa tetapi model ini lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pembelajaran kooperatif dengan model group investigation dijadikan salah satu alternatif pilihan bagi guru bidang studi akuntansi khususnya pada materi yang sulit dan membutuhkan analisis yang mendalam, misalnya jurnal penyesuaian perusahaan dagang.