SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh perputaran modal kerja terhadap return saham

Anggi Nur Machdi

Abstrak


ABSTRAK

 

Machdi, Anggi Nur. 2010. Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Return Saham (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI Tahun 2008). Skripsi, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Dyah Aju Wardhani, M.Si., Ak. (2) Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Perputaran Modal Kerja (Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan), Return Saham (Capital Gain)

 

Pentingnya modal kerja dalam perusahaan untuk mengetahui kondisi finansial perusahaan yang bersangkutan, terutama yang menyangkut masalah posisi modal kerjanya. Sumber pembiayaan suatu perusahaan tidak hanya berasal dari dalam perusahaan itu sendiri. Tetapi perusahaan juga harus mencari sumber pembiayaan dari luar perusahaan yang salah satunya adalah lewat penjualan saham. Timbal balik perusahaan terhadap investor adalah dengan memberikan return atas investasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh perputaran modal kerja yang terdiri dari perputaran kas, perputaran piutang, perputaran persediaan terhadap return saham.

Penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian korelasional (correlational research), dengan karakteristik masalah berupa hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008 dan Return tahun 2009 sebesar 148 perusahaan. Dari populasi tersebut, kemudian digunakan metode purposive sampling untuk menentukan sample penelitian. Penelitian ini terdapat 25 perusahaan sampel yang listing di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2008. Penelitian ini menggunakan pengujian hipotesis yang diuji dengan analisis regresi linear sederhana dan tingkat signifikan yang digunakan adalah 5%.

Hasil penelitian membuktikan bahwa pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa signifikansi penerapan perputaran modal kerja lebih besar dari 0.05, sehingga H0 diterima dan menolak hipotesis yang diajukan. Perputaran kas tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan manufaktur yang listing di BEI. Perputaran piutang tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan manufaktur yang listing di BEI. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara perputaran persediaan terhadap return saham perusahaan manufaktur yang listing di BEI. Perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap return saham perusahaan manufaktur yang listing di BEI.

Berdasarkan hasil penelitian ini disaran untuk penelitian selanjutnya  untuk mengadakan penelitian lebih dalam, tidak hanya menggunakan indikator perputaran modal saja dalam menguji pengaruh adanya return saham. Bagi perusahaan sampel sebaiknya mengkaji ulang kebijakan finansial sehingga dapat meningkatkan performa perusahaannya. Bagi investor hendaknya memperhatikan perputaran modal kerja serta profitabilitas agar dapat mempertimbangkan investasi yang terbaik.