SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Aktivitas Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler dan Kedisiplinan Mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang

Bekti Dwi Sulistyowati

Abstrak


ABSTRAK

 

Sulistyowati, Bekti Dwi. 2010. Pengaruh Aktivitas Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler dan Kedisiplinan Mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed., Pembimbing (II) Triadi Agung Sudarto, SE., M.Si. Ak.,

 

Kata Kunci: Aktivitas dalam Kegiatan Ekstrakurikuler, Kedisiplinan dalam Belajar Mengajar, Prestasi Belajar Akuntansi

 

Aktivitas dalam kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan siswa diluar jam belajar mengajar dalam rangka mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki siswa. Aktivitas dalam kegiatan ekstrakurikuler sering dijadikan sebagai salah satu faktor penyebab penurunan prestasi belajar siswa. Padahal menurut Amal (2005:378) menjelaskan bahwa kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ikut andil dalam menciptakan tingkat kecerdasan yang tinggi.

Kedisiplinan mengikuti kegiatan belajar mengajar adalah keadaan tertib, teratur, taat untuk melaksanakan kegiatan belajar yang sudah menjadi kebiasaan dan kesadaran dari dalam dirinya dengan mematuhi perintah-perintah dan larangan-larangan. Dengan ketertiban dan keteraturan tersebut niscaya pelaksanaan proses belajar mengajar yang baik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang sebelumnya telah dirancang akan dapat terpenuhi.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan kedisiplinan dalam belajar mengajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan sampel tiap kelas yang dihitung berdasarkan rumus Slovin. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang dilakukan dengan teknik kuisioner dan dokumentasi nilai raport siswa.

Pengujian hipotesis menggunakan analisis regeresi ganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh negatif antara aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar, dan tidak terdapat pengaruh antara kedisiplinan dalam kegiatan belajar mengajar terhadap prestasi belajar siswa dan secara simultan tidak terdapat pengaruh positif signifikan antara aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan kedisiplinan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Malang.

Adapun saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan hasil penelitian ini adalah (1) pihak sekolah sebaiknya memberi batasan mengenai jumlah kegiatan dan durasi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti siswa, (2) kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan mata pelajaran akuntansi perlu dikembangkan baik jenis kegiatannya maupun jumlah pesertanya, (3) penilaian dalam mata pelajaran selain hanya memperhitungkan hasil tes akhir akuntansi sebaiknya memperhitungkan proses kedisiplinan dalam belajar mengajar.