SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Tindakan Supervisi terhadap Kinerja Junior Auditor dengan Konflik Peran sebagai Variabel Intervening

Anggi Swandayani

Abstrak


ABSTRAK

 

Swandayani, Anggi. 2010. "Pengaruh Tindakan Supervisi Terhadap Kinerja Junior Auditor Dengan Konflik Peran Sebagai Variabel Intervening". Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Makaryanawati, S.E, M.Si., Ak (II) Sawitri Dwi Prastiti S.E, M.Si., Ak

 

Kata Kunci: Tindakan Supervisi, Kinerja Junior Auditor, Konflik Peran

 

Sumber Daya Manusia dalam suatu organisasi merupakan penentu yang sangat penting bagi keefektifan berjalannya kegiatan di dalam organisasi. Kinerja seseorang akan dipengaruhi oleh tingkat kepuasan kerja yang dimiliki. Dalam lingkungan Kantor Akuntan Publik (KAP), perlu adanya pemeliharaan kualitas atau mutu pemeriksaan auditor serta tidak lupa produktivitas para akuntannya. Analisis terhadap fungsi-fungsi supervisi dan stres peran menunjukkan adanya fungsi spesifik supervisi yang berkorelasi dengan rendahnya tingkat ambiguitas peran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tindakan supervisi berpengaruh signifikan terhadap kinerja junior auditor serta untuk mengetahui apakah tindakan supervisi dengan konflik peran berpengaruh signifikan terhadap kinerja junior auditor.

Penelitian dilakukan pada Senior Auditor dan Junior Auditor yang bekerja pada 7 Kantor Akuntan Publik (KAP) di Kota Malang menggunakan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 35 responden pada 7 KAP. Pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Analis data dilakukan dengan menggunakan SPSS for Windows 16,0

Setelah dilakukan proses pengolahan data dan analisis jalur diketahui hasil penelitian menyatakan (1) Tindakan Supervisi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Junior Auditor (2) Konflik Peran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Junior Auditor namun konflik peran tidak dapat tidak dapat memediasi pengaruh tindakan supervisi terhadap kinerja junior auditor. Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini juga memperkuat Teori Motivasi Maslow serta Teori X dan Y dari Mc. Gregor. Hasil ini juga mendukung penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Hadi (2007) dan Cahyono (2005:676).

Saran yang dapat diberikan penulis bagi Kantor Akuntan Publik (KAP) antara lain (1) Kantor Akuntan Publik diharapkan benar-benar memperhatikan saat akan melakukan rekruitmen atas auditornya. (2) pelaksanaan tindakan supervisi dalam KAP sebaiknya memperhatikan etika dan tata cara melaksanakan supervisi dengan baik agar pelaksanaan supervisi dapat berjalan secara efektif dan kinerja junior auditor dapat ditingkatkan. (3) KAP melalui auditor-auditor serta karyawan lainnya sebaiknya memperhatikan faktor-faktor yang dapat memicu timbulnya konflik yang dapat mengganggu kenyamanan saat bekerja. Bagi penelitian selanjutnya disarankan agar melakukan penelitian lebih lanjut dengan menambahkan variabel independen agar pengaruh antar variabel lebih besar, jumlah sampel dan menggunakan pemilihan metode penelitian yang lebih tepat.