SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH RETURN ON ASSETS (ROA), DEBT EQUITY RATIO (DER) DAN EARNING PER SHARE (EPS) TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL PADA PERUSAHAAN HIGH PROFILE DI INDONESIA

EKA ERNY KURNIA SARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Eka Erny Kurnia. 2010. Pengaruh Return On Assets (ROA), Debt Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) Terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Pada Perusahaan High Profile di Indonesia.Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi S1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Dyah Ayu Wardhani, S.E, M.Si. Ak., (II) Triadi Agung S, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci : Return On Assets (ROA), Debt Equity Ratio (DER),  Earning Per Share (EPS), Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial, high profile

 

Akuntansi sebagai alat pertanggungjawaban mempunyai fungsi sebagai alat kendali terhadap aktivitas suatu unit usaha. Tanggungjawab manajemen tidak terbatas hanya pada pengelolaan dana dalam perusahaan kepada investor dan kreditor, tetapi juga dampak terhadap lingkungan alam dan sosialnya. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh antara tingkat Return On Assets (ROA),Debt Equity Ratio (DER) dan Earning Per Share (EPS) terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial yang dilakukan perusahaan high profile di Indonesia.Variabel independen dalam penelitian ini adalah ROA, DER, dan EPS. Sedangkanvariabel dependen penelitian ini adalah pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan high profile yang listing di BEI tahun 2008.

Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat Return on Assets (ROA) berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial perusahaan (CSRD), (2) tingkat Debt to Equity Ratio (DER ) tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial dan (3) Earnings Per Share (EPS) menunjukkan pengaruh yang positif signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.

Hasil penelitian ini sejalan dengan beberapa temuan empiris sebelumnya. Ada beberapa kelemahan dari penelitian ini, salah satunya adalah penelitian ini hanya menguji variabel yang mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan oleh kinerja keuangan yang diwakili oleh rasio profitabilitas (ROA), leverage (DER), dan rasio pasar(EPS), tidak menguji pengaruh pelaporan pertanggungjawaban sosial terhadap kinerja pasar dalam hal ini reaksi investor akan informasi tersebut, selain itu peneliti juga hanya melihat satu media pelaporan yaitu laporan keuangan.