SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA ANIMASI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

EKA ERNY KURNIA SARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Eka Erny Kurnia. 2010. Efektifitas Pembelajaran Dengan Media Animasi Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi S-1 Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Drs. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M., Ak, (II) Helianti Utami, S.E., M.Si., Ak. 

 

Kata Kunci : Media Animasi, Hasil Belajar

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil  belajar mata pelajaran akuntansi perbankan pada pembelajaran menggunakan media animasi dan pembelajaran konvensional. Media animasi dalam penelitian ini dikemas dalam bentuk video pembelajaran menggunakan aplikasi gabungan program Software adobe photoshop, adobe after effect dan adobe premiere sehingga mampu mengintegrasikan antara teks, gambar, suara, video dan animasi yang menarik. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas I AK SMK PGRI 2 Malang sebagai kelas kontrol dan kelas I AK SMK PGRI 6 Malang sebagai kelompok eksperimen.

Pengujian hipotesis menggunakan uji t (t-test). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen terdapat perbedaan rata-rata prestasi (post test). Perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan hasil belajar siswa kelas kontrol dalam mata pelajaran akuntansi perbankan menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen berbeda signifikan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol. 

Hasil penelitian ini mendukung teori motivasi menurut Keller (dalam Oenfiati, 2002) yang menyatakan bahwa motivasi merupakan konsep hipotetis untuk suatu kegiatan yang dipengaruhi oleh attention, relevance, confidence, dan satisfaction (ARCS),  serta sejalan dengan beberapa temuan empiris sebelumnya.

Ada beberapa kelemahan dari penelitian ini, salah satunya adalah penelitian ini hanya berlangsung selama satu kali pertemuan, sehingga menyebabkan materi pelajaran akuntansi yang diajarkan pada penelitian ini hanya satu sub pokok bahasan yaitu sub pokok bahasan akuntansi kliring.