SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pengumuman Annual Report Award (ARA) terhadap Harga Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Pemenang Annual Report Award Tahun 2009 yang Listing di Bursa Efek Indonesia)

Rengga Sandhy Fatoni

Abstrak


ABSTRAK

 

Fatoni, Rengga Sandhy. 2010. Pengaruh Pengumuman Annual Report Award (ARA) terhadap Harga Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Penerima Annual Report Award Tahun 2009). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak. (2) Helianti Utami, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: pengumuman Annual Report Award (ARA), harga saham

 

Annual Report Award (ARA) merupakan sebuah penghargaan yang bertujuan untuk menyelenggarakan penilaian atas kualitas  keterbukaan informasi dalam penyajian laporan tahunan dengan mengacu pada kebutuhan keterbukaan informasi yang relevan dan diharapkan secara wajar dimuat dalam laporan tahunan, dalam rangka upaya mengembalikan kepercayaan stakeholder terhadap penerapan Good Corporate Governance di kalangan dunia usaha di Indonesia. Penghargaan ini dapat digunakan untuk menyampaikan sinyal bagi investor mengenai prospek perusahaan yang menerapkan prinsip Good Corporate Governance secara baik. Berdasarkan Sygnalling theory, informasi yang dipublikasikan sebagai suatu pengumuman akan memberikan sinyal bagi investor dalam pengambilan keputusan investasi. Jika pengumuman tersebut mengandung nilai positif, maka diharapkan pasar akan bereaksi pada waktu pengumuman tersebut diterima oleh pasar.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan harga saham sebelum dan sesudah pengumuman Annual Report Award (ARA). Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan penerima Annual Report Award (ARA) tahun 2009. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 12 sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik parametrik Paired Sample t-test.

Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan harga saham sebelum dan sesudah pengumuman Annual Report Award (ARA) sehingga pengumuman tersebut tidak memiliki kandungan informasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan Institusi penyelenggara penghargaan laporan tahunan untuk lebih aktif dalam melakukan sosialisasi dan publikasi diselenggarakannya penghargaan laporan tahunan, karena terbukti bahwa pengumuman penghargaan laporan tahunan belum dianggap sebagai informasi yang relevan dalam mengambil keputusan bagi para investor. Dan kepada penelitian selanjutnya, apabila memungkinkan, bisa menggunakan alternatif indikator lain yang memungkinkan untuk meneliti pengaruh pengumuman penghargaan laporan tahunan pada perusahaan penerima penghargaan laporan tahunan baik yang listing maupun non listing.