SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Intensitas Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran, Program Sertifikasi Guru, dan Keterampilan Dasar Mengajar, terhadap Kinerja Guru-Guru Akuntansi SMK di Kota Malang

Rulfiatul Aini

Abstrak


ABSTRAK

 

Aini, Rulfiatul. 2010. Pengaruh Intensitas Kegiatan Musyawarah  Guru Mata Pelajaran, Program Sertifikasi Guru, dan Keterampilan Dasar Mengajar, terhadap Kinerja Guru-Guru Akuntansi SMK di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sriyani Mentari, S.Pd.,M.M. (II) Dr. H. Tuhardjo, S.E.,M.Si.,Ak.

 

Kata kunci: Musyawarah Guru Mata Pelajaran, Program Sertifikasi, Keterampilan Dasar Mengajar, dan Kinerja Guru

 

Peningkatan kualitas guru sebagai pengajar dan pendidik, harus selalu diupayakan dengan cara mengadakan perbaikan yang terus menerus untuk meningkatkan kemampuan/ kompetensinya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah melalui kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), penataran, studi lanjut, dan program sertifikasi guru. Upaya-upaya tersebut tidak lain hanya bertujuan untuk menghasilkan guru yang kompeten, sehingga menghasilkan pula guru-guru yang mempunyai kinerja yang tinggi. Kinerja guru merupakan produk akhir dari serangkaian tindakan yang telah dilakukan oleh guru. Kinerja yang tinggi akan menghasilkan prestasi kerja yang tinggi, baik secara kualitas maupun kuantitas yang dicapai seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan (Mangkunegara, 2004).

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat intensitas kegiatan MGMP, program sertifikasi, keterampilan dasar mengajar, dan kinerja guru akuntansi SMK di Kota Malang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui Pengaruh intensitas kegiatan MGMP, program sertifikasi dan keterampilan dasar mengajar terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Malang, baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional, yaitu untuk mendeskripsikan variabel-variabel yang diteliti dan menentukan ada tidaknya pengaruh, serta seberapa besar pengaruh dari variabel intensitas MGMP (X1), program sertifikasi (X2), dan keterampilan dasar mengajar (X3) terhadap kinerja guru-guru akuntansi SMK di Kota Malang (Y).

Hasil penelitian ini  menunjukkan bahwa Intensitas kegiatan MGMP guru akuntansi di Kota Malang termasuk kategori sedang (39,12%), program sertifikasi guru sedang (39,12%), keterampilan dasar mengajar guru akuntansi di Kota Malang termasuk kategori sangat tinggi (43,47%), tingkat kinerja guru-guru akuntansi SMK di Kota Malang termasuk kategori sangat tinggi (43,48%). Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa Intensitas kegiatan MGMP, program sertifikasi, dan keterampilan dasar mengajar berpengaruh positif terhadap kinerja guru akuntansi SMK di Kota Malang baik secara simultan maupun secara parsial.

Dengan hasil penelitian ini, diharapkan agar guru-guru selalu meningkatkan kegiatan MGMP nya sebagai seorang pendidik, meningkatkan keterampilan dasar mengajarnya dalam bekerja, dan terus menjaga atau mengaplikasikan ilmu yang didapatnya dalam program sertifikasi, serta menjadi teladan bagi guru-guru lain yang belum mengikuti sertifikasi.