SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN KEBIJAKAN DEVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG LISTING DI BEI TAHUN 2008

FEIRDY ORLEAN OCTARENO

Abstrak


ABSTRAK

 

Octareno, Feirdy Orlean. 2010. Pengaruh Rasio Profitabilitas Dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Otomotif yang Listing di BEI Tahun 2008. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) H. Eka Ananta Sidharta, SE, M.M, Ak., (II) Sriyani Mentari, S.Pd,M.M

 

Kata Kunci : Rasio Profitabilitas, Kebijakan Deviden, Nilai Perusahaan.

Munculnya suatu perusahaan tidak lepas dari upaya untuk memenuhi tujuan pendirinya. Tujuan dari perusahaan adalah memaksimalkan nilai perusahaan dalam bentuk maksimalisasi harga saham untuk mencapai profitabilitas jangka panjang. Indikator untuk mengukur besarnya harga saham diantaranya adalah Return On Equity (ROE) merupakan rasio yang mengukur kemampuan perusahaan menghasilkan laba bersih berdasarkan modal tertentu, Return On Aset (ROA) merupakan rasio yang mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dengan menggunakan asset yang dimiliki oleh perusahaan, Net Profit Margin (NPM) merupakan rasio yang mengukur sejauh mana kemampuan perusahaan menghasilkan laba bersih pada tingkat penjualan tertentu, Dividend Payout Ratio (DPR) merupakan rasio yang menggambarkan besarnya laba yang dibayarkan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara Return On Equity (ROE), Return On Aset (ROA), Net Profit Margin (NPM), Dividend Payout Ratio (DPR) terhadap Nilai Perusahaan, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan obyek perusahaan otomotif tahun 2008 sebanyak sembilan belas (19) perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda. Uji regresi linier berganda digunakan untuk menguji pengaruh antara variabel Return On Equity (ROE), Return On Aset (ROA), Net Profit Margin (NPM), Dividend Payout Ratio (DPR) terhadap Nilai Perusahaan baik secara parsial maupun secara simultan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Return On Equity (ROE) , Retun On Aset (ROA), Net Profit Margin (NPM), dan Deviden Pay Out Ratio (DPR) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan baik secara parsial maupun secara simultan.

Penelitian selanjutnya sebaiknya dilakukan terhadap seluruh perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sehingga dapat diperoleh jumlah populasi yang lebih banyak dan mendapatkan hasil yang lebih mencerminkan pengaruh Return On Equity (ROE), Return On Aset (ROA), Net Profit Margin (NPM), Dividend Payout Ratio (DPR) terhadap nilai perusahaan.