SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

SAFIRA TRIANI AYU LAKSMI

Abstrak


ABSTRAK

 

Laksmi, Safira Triani Ayu. 2010. Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility Disclosure) terhadap Kinerja Keuangan Perusahaaan  dengan Kepemilikan Manajerial sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi, Jurusan Akuntansi FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Eka Ananta Sidharta, S.E., M.M., Ak., (II) Helianti Utami, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata kunci: pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR Disclosure), kinerja keuangan, kepemilikan manajerial, variabel pemoderasi.

Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR Disclosure) merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap stakeholders selain laporan keuangan. CSR Disclosure muncul sebagai adanya  perubahan dalam paradigma teori dan praktik ekonomi bisnis. Di masa kini,  perusahaan tidak hanya dipandang dengan tujuan utama memaksimalkan laba bagi pemegang saham, tetapi juga dituntut untuk memperhatikan tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat. CSR dipandang bukan hanya sebagai biaya, tapi juga sebagai investasi jangka panjang yang dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh CSR Disclosure terhadap kinerja keuangan perusahaan dan untuk mengetahui apakah kepemilikan manajerial berpengaruh sebagai variabel pemoderasi dalam hubungan antara CSR Disclosure dan kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode sampel total dengan mengambil 10 perusahaan manufaktur yang memiliki kepemilikan manajerial dan menerbitkan informasi tanggung jawab sosial. Perusahaan manufaktur tersebut terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2005-2009. CSR Disclosure menggunakan proksi CSRI dan kinerja keuangan diproksi dengan rasio profitabilitas berupa ROE dan ROA. Metode analisis penelitian adalah menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  (1) CSR Disclosure berpengaruhsignifikan terhadap ROE perusahaan,  (2) CSR Disclosure berpengaruh signifikan terhadap ROA perusahaan, (3) kepemilikan manajerial berpengaruh tidak signifikan sebagai variabel pemoderasi dalam hubungan antara CSR Disclosure dan ROE perusahaan, (4) kepemilikan manajerial berpengaruh tidak signifikan  sebagai variabel pemoderasi dalam hubungan antara CSR Disclosure dan ROA

perusahaan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disarankan agar dilakukan penelitian ulang atau penelitian lebih lanjut dengan menambah jumlah sampel dan tidak terbatas pada perusahaan manufaktur saja. Penilaian CSRI dapat menggunakan GRI atau ISO 26000.