SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Daya Serap Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang dari Pembelajaran MYOB Accounting dan Praktik Akuntansi Manual di SMK Negeri 1 SOOKO

Aris Susanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Susanti, Aris. 2010. Perbedaan Daya Serap Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang dari Pembelajaran MYOB Accounting dan Praktik Akuntansi Manual di SMK Negeri 1 SOOKO. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) DR. Sunaryanto, M.Ed. (II) Ika Putri Lestari, SE, M. Com.

 

Kata kunci: daya serap, pembelajaran MYOB Accounting, praktik akuntansi manual

Daya serap merupakan hasil yang diperoleh siswa dalam menerima dan memahami konsep dari seluruh materi yang telah diberikan oleh guru selama proses belajar mengajar yang ditunjukkan dari hasil nilai yang diperoleh setelah ujian. Daya serap ini dapat dihitung melalui prestasi belajar yang diproleh siswa. Prestasi belajar siswa merupakan salah satu indicator dari daya serap. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern siswa. Faktor tersebut terdiri dari faktor (intern) dari faktor jasmani, kecerdasan, bakat, sikap, motivasi dan faktor (ekstern) dari lingkungan keuarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan daya serap siswa kelas eksperimen pada siklus akuntansi dagang yang diajarkan dengan MYOB akuntansi dan daya serap siswa kelas kontrol yang diajarkan dengan praktik akuntansi secara manual. Pembelajaran MYOB akuntansi disini merupakan pembelajaran siklus akuntansi yang difasilitasi dengan menggunakan komputer. Semua pekerjaan siswa akan dilakukan dengan berbantuan komputer. Sedangkan praktik akuntansi manual dilakukan tanpa fasilitas komputer melainkan dengan proses manual yang menggunakan kertas kerja biasa.

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Ak SMK Negeri 1 SOOKO di Kabupaten Mojokerto tahun ajaran 2010/2011 yaitu kelas XII Ak 1 dan XII Ak 2.

Analisis dalam penelitian ini menggunkan analisis deskriptif. Analisis ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi masing-masing variabel. Deskriptif data ini meliput variabel X1 yaitu pembelajaran MYOB akuntansi, variabel X2 yaitu praktik akuntansi manual dan variabel Y adalah daya serap siswa pada siklus akuntansi dagang. Serta analisis beda rata-rata menggunkan SPSS 15 yang diperoleh fhitung > ftabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan besarnya daya serap siswa menunjukkan 63,64% untuk kelas MYOB dan 54,84% untuk kelas manual. Hal ini berarti bahwa daya serap siswa kelas manual lebih tinggi daripada daya serap siswa kelas MYOB. Keadaan tersebut dikarenakan faktor-faktor lain yang lebih dominan yaitu tingkat kecerdasan siswa, bakat untuk mempelajari sesuatu, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, dan berbagai faktor lain yang dapat menyebabkan perbedaan yang negatif pada daya serap siswa.