SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ABSTRAK Kresna,Nesya W. 2010.Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Operating Profit Margin (OPM), Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) terhadap Stock Return pada perusahaan Automotive And Allied Products yang listing di BEI periode 2005-20

Eka Wahyu Kusumaningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusumaningrum, Eka Wahyu. 2010. Pengaruh Return On Asst (ROA), Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap bagi hasil  pihak  ketiga  deposito  mudharabah  pada  PT  Bank  Muamalat Indonesia Tbk dan PT Bank Syariah Mega Indonesia periode 2006-2009. Skripsi,  Jurusan  Akuntansi,  Fakultas  Ekonomi,  Universitas  Negeri Malang.  Pembimbing:  (1)  Dr.  Puji Handayati,  S.E, M.M.,, Ak.(2)  Satia Nur Maharani, S.E, M.Si, Ak.

 

Kata  Kunci:  Return  On  Asst  (ROA),  Financing  to  Deposit  Ratio  (FDR)  dan Capital  Adequacy  Ratio  (CAR),  bagi  hasil  pihak  ketiga  deposito mudharabah.

Sistem bagi hasil merupakan sistem di mana dilakukannya perjanjian atau ikatan  bersama  di  dalam  melakukan  kegiatan  usaha.  Di  dalam  usaha  tersebut diperjanjikan adanya pembagian hasil atas keuntungan yang akan di dapat antara kedua  belah  pihak  atau  lebih.  Semakin  berkembangnya  perbankan  syariah  menunjukkan  bahwa  prinsip  bagi  hasil  menjadi  daya  tarik  bagi  investor  untuk menggunakan  jasa  perbankan  syariah.  Salah  satu  cara  memprediksi  bagi  hasil pihak  ketiga    adalah  dengan menggunakan  analisis  rasio  keuangan  diantaranya adalah ROA, FDR dan CAR. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah apakah  terdapat pengaruh ROA, FDR dan CAR  terhadap bagi hasil pihak ketiga deposito mudharabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk dan PT Bank Syariah Mega Indonesia secara simultan maupun secara parsial. Sampel yang digunakan dalam penelitian  ini adalah  laporan keuangan PT Bank Muamalt Indonesia Tbk dan PT Bank Syariah Mega Indonesia tahun 2006-2009. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan merupakan data sekunder yang diperoleh dari PT Bank Muamalt Indonesia Tbk dan PT Bank Syariah Mega Indonesia tahun 2006-2009. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi berganda.

Hasil  penelitian  menunjukkan  secara  parsial  ROA,  FDR  dan  CAR berpengaruh positif terhadap bagi hasil pihak ketiga deposito mudharabah dengan tingkat signifikansi sebesar 0,009, 0,001 dan 0,008.. Secara simultan ROA, FDR dan CAR juga berpengaruh terhadap bagi hasil pihak ketiga deposito mudharabah dengan  tingkat  signifikansi  sebesar  0,000.  Saran  yang  dapat  diberikan  penulis dalam  penelitian  ini  adalah:  (1)  untuk  penelitian  selanjutnya  diharapkan  dapat menggunakan rasio keuangan  lain dalam mengukur kinerja keuangan perbankan, menambah  periode  observasi  dan menambah  sampel  penelitian.  (2)  perusahaan harus  selalu menjaga  kinerja  keuangan  yang  terdiri  dari  ROA,  FDR  dan  CAR karena rasio tersebut digunakan oleh investor sebagai bahan pertimbangan dalam berinvestasi.