SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH NET PROFIT MARGIN (NPM), OPERATING PROFIT MARGIN (OPM), GROSS PROFIT MARGIN (GPM), DAN RETURN ON EQUITY (ROE) TERHADAP STOCK RETURN PADA PERUSAHAAN AUTOMOTIVE AND ALLIED PRODUCTS YANG LISTING DI BEI TAHUN 2005-2008

nesya kresna wardhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Kresna,Nesya W. 2010.Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Operating Profit Margin (OPM), Gross Profit Margin (GPM) dan Return On Equity (ROE) terhadap Stock Return pada perusahaan Automotive And Allied Products yang listing di BEI  periode 2005-2008. Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing : ( I ) Dr. Nurika Restuningdiah, S.E.Ak, M.Si , ( II ) Diana Tien Irafahmi, S.Pd, M.Ed.

 

Kata Kunci : NPM, OPM, GPM, ROE, Stock Return

Keberadaan pasar modal memiliki peran besar bagi perekonomian, salah satu manfaatnya adalah memberi wahana investasi bagi investor. Dengan semakin majunya peradaban masyarakat, objek-objek investasi semakin banyak jenisnya. Untuk itu diperlukan suatu pengetahuan atau analisis agar dalam berinvestasi investor dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Salah satu analisis yang dapat dipakai adalah analisis rasio profitabilitas. Rasio Profitabilitas adalah rasio yang mengukur kinerja perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dengan sumber daya yang dimiliki. Dengan analisis ini investor dapat menilai kinerja perusahaan sehingga dapat mencapai tujuan (return) yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan secara simultan rasio profitabilitas terhadap stock return.

Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi dengan variabel bebas : Net Profit Margin, Operating Profit Margin, Gross Profit Margin, dan Return On Equity sedangkan variabel terikatnya adalah stock return. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan Automotive And Allied Products yang listing di BEI  periode 2005-2008,  sedangkan sampel diambil sebanyak 10 perusahaan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial maupun secara simultan, rasio profitabilitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap stock return. Dari hasil penelitian yang telah diperoleh, disarankan kepada perusahaan agar memperhatikan rasio-rasio lain selain rasio profitabilitas sebagai tolok ukur kinerja perusahaan. Bagi Investor juga harus mempertimbangkan analisis lain yang mempengaruhi seperti analisis teknikal yang didasarkan pada harga saham di masa lalu sebagai upaya untuk memperkirakan harga saham di masa yang akan datang. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya agar lebih memperdalam penelitian tentang saham khususnya penilaian terhadap stock return dengan variabel dan analisis yang lebih luas dan dalam.