SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH ROA (Return On Asset) , EPS (Earning Per Share), ROE (Return On Equity), DER (Debt to Equity Ratio) TERHADAP HARGA SAHAM Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia)

Ridha Rosa Arfinianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Arfinianti, Ridha Rosa. 2010. Pengaruh  Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS),  Return On Equity (ROE),  Debt to Equity Ratio (DER) terhadap harga saham (Studi Pada Perusahaan Perbankan Yang  Listing Di BEI). Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. (I) Pembimbing: Dr. Nurika Restuningdiah, S.E.Ak, M.Si, (II) Triadi Agung Sudarto, SE, M.Si, Ak.

 

Kata kunci: ROA (Return On Asset)  , EPS  (Earning Per Share),  ROE (Return On Equity), DER (Debt to Equity Ratio).

 

Pasar modal sebagai alternatif bagi pemilik dana (investor) dalam menanamkan dananya, namun investasi  dalam bentuk saham  merupakan jenis investasi yang cukup bersiko meskipun keuntungan yang relatif lebih besar. Oleh karena itu investor memerlukan informasi yang relevan dan juga alat pengukuran kinerja yang yang tepat, sehingga dapat digunakan untuk menentukan pilihan investasi terhadap harga saham perbankan yang memiliki imbal positif. Dalam konteks tersebut, investor memerlukan informasi tentang perilaku harga saham perbankan dilihat dari perspektif penilaian saham yang didasarkan kepada data fundamental. Penilitian bertujuan  untuk mengetahui pengaruh ROA (Return On Asset)  ,  EPS  (Earning Per Share),  ROE (Return On Equity),  DER (Debt to Equity Ratio) terhadap harga saham.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang listing di Bursa Efek Indonesia tahun 2006 sampai tahun 2008 sebanyak 23 perusahaan. Pengambilan sampel didasarkan pada metode  purposive sampling. Jumlah sampel yang terpilih sebanyak 11 perusahaan. Pengumpulan data dengan cara mengambil dokumentasi laporan keuangan dari  Indonesian Capital Market Directory  (ICMD). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji statistik regresi linier berganda dengan alat SPSS. Analisi data dengan satistik deskriptif untuk menggambarkan profil data, normalitas data dengan one sample kolmogrov smirnov  untuk mengetahui distribusi data, pengujian dengan menggunakan  Variance inflation factor  dan  tolerance  untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antar variabel independen dalam model regresi ynag dipakai, pengujian dengan nilai durbin watson untuk mendeteksi ada tidaknya autokorelasi, grafik scatterplot untuk mendeteksi ada tidaknya  heterokedastisitas, nilai R square untuk melihat koefisien determinasi.

Hasil pengujian ini membuktikan bahwa variabel ROA, ROE, dan DER secara parsial tidak berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan EPS memiliki pengaruh terhadap harga saham perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia. 

Berdasarkan hasil temuan tersebut,  penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan data amatan tidak hanya perusahaan perbankan saja, tetapi menggunakan data informasi keuangan dari perusahaan selain perbankan dan rasio keuangan yang digunakan tidak hanya ROA, EPS, ROE, dan DER, tetapi juga rasio-rasio lainnya yang dapat mempengaruhi harga saham.