SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XII SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Tahun Pelajaran 2010/2011

Yulistiana Kusuma Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Yulistiana Kusuma. 2010. Pengaruh Kemampuan Dasar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XII SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E., M.A., M.M.Ak., (II) Triadi Agung Sudarto, S.E., M.Si.Ak.

 

Kata Kunci: Kemampuan Dasar Matematika, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi.

 

Kemampuan dasar matematika merupakan dasar yang harus dimiliki untuk dapat menguasai ilmu-ilmu lain tidak terkecuali dengan akuntansi. Ditinjau dari materi, akuntansi memerlukan bantuan matematika dalam penggunaan operasi-operasi matematika yang sederhana. Matematika berpengaruh terhadap akuntansi karena keduanya memiliki kesamaan karakteristik, yaitu sama-sama menekankan penggunaan logika, sama-sama menggunakan simbol, sama-sama memiliki rumus-rumus pasti yang hasilnya tidak bisa diganggu gugat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan dasar matematika terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XII SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun pelajaran 2010/2011.

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi (explanatory research). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan dasar matematika (X) dan variabel terikat adalah prestasi belajar mata pelajaran akuntansi (Y). populasi penelitian ini adalah siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Tahun Pelajaran 2010/2011 berjumlah 775 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh jumlah responden sebanyak 104. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Sumber data berasal dari nilai Ujian Akhir Nasional tahun pelajaran 2008/2009 dan nilai raport tahun pelajaran 2009/2010 dan teknik pengumpulan data adalah dokumentasi.

Penelitian ini dilakukan mulai bulan September sampai November. Kemampuan dasar matematika siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang berdasarkan rata-rata nilai Ujian Akhir Nasional secara umum (5,2015) menunjukkan kemampuan dasar matematika yang mendukung prestasi belajar mata pelajaran akuntansi. Prestasi belajar mata pelajaran akuntansi berdasarkan rata-rata nilai Ujian Akhir Semester secara umum (7,7010) menunjukkan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi terolong cukup baik. Berdasarkan pada hasil data yang telah diolah dapat diketahui signifikansi regresi sederhana adalah 0,000 lebih kecil 0,05 dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kemampuan dasar matematika (X) memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi (Y). Besar Adjusted R square adalah 0,140. Hal ini berarti 14,0%  perubahan variabel Y disebabkan oleh perubahan variabel X, sedangkan sisanya 86,0% disebabkan oleh faktor di luar perubahan variabel X.

Hasil ini mengimplikasikan bahwa kemampuan dasar matematika terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi sangat diperlukan bagi pihak sekolah agar menjadi dasar dalam menyeleksi input siswa, khususnya yang akan mengikuti kegiatan belajar di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dan mengambil jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bagi peneliti selanjutnya diharapkan variabel yang ingin diteliti lebih diperluas.