SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS KUALITAS ISI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PADA MATA DIKLAT AKUNTANSI BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)

Afriyani .

Abstrak


ABSTRAK

 

Afriyani. 2010. Analisis Kualitas Isi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada mata diklat Akuntansi berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas  Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Diana Tien Irafahmi, S. Pd., M. Ed. (2) Dr. Sunaryanto, M. Ed.

 

Kata kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

 

Manusia hidup membutuhkan pendidikan guna meningkatkan sumber daya yang dimiliki sebagai pelaksana pembangunan. Dengan adanya pendidikan yang berkualitas dapat menentukan kualitas bangsa agar tidak tertinggal oleh bangsa lain. Untuk itu, pembaharuan pendidikan sangat dibutuhkan dan menjadi tuntutan dalam meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Pembaharuan pendidikan dapat dilakukan dengan perubahan kurikulum. Kurikulum yang dpakai saat ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan atau KTSP. KTSP mulai diberlakukan secara berangsur-angsur pada tahun ajaran 2006/2007. Perubahan kurikulum menimbulkan banyak permasalahan, antara lain belum siapnya guru dalam melaksanakan aturan-aturan dalam kurikulum baru. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas isi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru mata diklat Akuntansi sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Penelitian ini terkait dengan tugas guru yang terdiri dari tiga hal, yaitu: perencanaan kegiatan pembelajaran, pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan evaluasi yang sesuai dengan KTSP

Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Akuntansi di SMK dan SMA yang berjumlah 5 orang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar analisis dokumen RPP dan wawancara. Analisa data dilakukan dengan menggunakan analisis isi (content analysis), yang digunakan untuk menganalisis penjabaran isi setiap komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru mata diklat Akuntansi yang kemudian dikelompokkan ke dalam 3 kategori yaitu sesuai, kurang sesuai dan tidak sesuai berdasarkan ketentuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru mata diklat Akuntansi cukup bervariasi yaitu: ada yang sesuai, kurang sesuai dan bahkan tidak sesuai dengan ketentuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam menjabarkan tiap-tiap komponennya. Hal ini dapat dilihat dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru mata diklat Akuntansi yang dijadikan subjek dalam penelitian ini. Hambatan-hambatan yang dialami guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), diantaranya guru mengalami kesulitan dalam menjabarkan indikator karena guru sulit menentukan kata kerja operasional. Selain itu, guru juga merasa kesulitan dalam memilih metode pembelajaran yang tepat karena minimnya pengetahuan tentang metode pembelajaran dan kurang tersedianya fasilitas untuk menerapkan metode pembelajaran.

Dari penelitian ini, penulis memberikan beberapa catatan sebagai saran yang bisa digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan terhadap penelitian ini, adalah sebagai berikut : (1) Untuk guru, hendaknya guru memahami dengan baik mengenai penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan standar ketentuan dalam menjabarkan setiap komponennya. Apabila ada kesulitan hendaknya bertanya kepada guru yang lain. Selain itu, guru diharapkan mengikuti kegiatan seminar pendidikan untuk meningkatkan profesionalitasnya dan juga membaca referensi mengenai model-model pembelajaran inovatif. (2) Untuk peneliti selanjutnya dengan topik yang sama diharapkan agar penelitian yang akan dilakukan disesuaikan dengan isi silabus. Selain itu, hendaknya instrumen juga disesuaikan dengan prinsip penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan diharapkan melakukan wawancara setelah melakukan analisis terhadap Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).