Pengaruh Prestasi Belajar Matakuliah Pengantar Akuntansi dan Bahasa Inggris terhadap Keterampilan Mengoperasikan Komputer Akuntansi (MYOB Accounting) Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.
Abstrak
ABSTRAK
Aristiana, Yeni Wahyu. 2010. Pengaruh Prestasi Belajar Matakuliah Pengantar Akuntansi dan Bahasa Inggris terhadap Keterampilan Mengoperasikan Komputer Akuntansi (MYOB Accounting) Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Bambang S., M.A, M.M, Ak., (2) Sawitri Dwi Prastiti, S.E, M.Si, Ak.
Kata Kunci: Prestasi Belajar Matakuliah Pengantar Akuntansi, Bahasa Inggris, Komputer Akuntansi (MYOB Accounting).
MYOB Accounting adalah software yang membantu kegiatan akuntansi. Mengoperasikan komputer akuntansi (MYOB Accounting) mahasiswa terlebih dahulu sebaiknya menguasai matakuliah pengantar akuntansi, karena merupakan dasar-dasar dalam kegiatan akuntansi, serta menguasai kemampuan bahasa Inggris karena dalam MYOB Accounting diciptakan dengan menggunakan bahasa Inggris.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh prestasi belajar matakuliah pengantar akuntansi terhadap keterampilan mengoperasikan computer akuntansi (MYOB Accounting) mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang; (2) pengaruh prestasi belajar matakuliah bahasa Inggris terhadap keterampilan mengoperasikan komputer akuntansi (MYOB Accounting) mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah prestasi belajar matakuliah pengantar akuntansi (X1) dan prestasi belajar matakuliah bahasa Inggris (X2). variabel terikat adalah keterampilan mengoperasikan komputer akuntansi (MYOB Accounting) (Y). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi angkatan 2007 yang berjumlah 371. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh jumlah responden sebanyak 177. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Sumber data berasal dari kartu hasil studi (KHS) mahasiswa jurusan Akuntansi angkatan 2007 dan teknik pengumpulan data adalah dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil yaitu terdapat pengaruh prestasi belajar matakuliah pengantar akuntansi terhadap keterampilan mengoperasikan komputer akuntansi (MYOB Accounting) mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, dilihat dari nilai sig (p) 0,000