SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Dengan Macromedia Flash Professional 8 Pada Mata Pelajaran Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan

Minarti .

Abstrak


ABSTRAK

 

Minarti. 2010. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Dengan Macromedia Flash Professional 8 Pada Mata Pelajaran Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ibu Diana Tien Irafahmi, S.Pd, M.Ed (II) Ibu Nurika Restunigdiah, S.E.Ak, M.Si

 

Kata Kunci:  Pengembangan Multimedia Pembelajaran, Macromedia Flash Professional 8, Mata Pelajaran Akuntansi

 

Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis saat melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan II di SMK Negeri 1 Malang pada mata pelajaran akuntansi  yang hakikatnya mempunyai karakteristik bukan mata pelajaran hafalan tetapi memerlukan banyak latihan dan keterampilan, masih bersifat verbalis dan berpusat pada guru. Pengajaran yang terkesan konvensional tersebut selain kurang maksimal dalam memenuhi kebutuhan siswa juga terasa membosankan. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang bersifat mandiri yang dapat membuat pembelajaran lebih menarik, efektif dan efisien. Salah satu media pembelajaran yang berkembang saat ini adalah multimedia. Multimedia pembelajaran yang dikembangkan mencakup beberapa komponen yaitu teks, gambar, suara, video dan animasi dengan muatan materi jurnal penyesuaian pada siklus akuntansi perusahaan jasa. Program multimedia pembelajaran ini dirancang dengan menggunakan program Macromedia Flash Professional 8 dan dikemas dalam CD yang dijalankan secara otomatis.

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Jenis angket yang digunakan yaitu angket terbuka dan angket tertutup. Angket terbuka menghasilkan jenis data kualitatif yaitu berupa saran, kritik dan pendapat secara umum terhadap multimedia pembelajaran. Sedangkan angket tertutup menghasilkan jenis data kuantitatif yaitu skor hasil evaluasi penilaian terhadap multimedia pembelajaran yang menggunakan skala Likert. Data kuantitatif tersebut kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif persentase. Dan memperoleh skor persentase 83,19% dari validasi ahli materi, 97,50% dari ahli media, dan 89,44% dari uji coba lapangan terbatas, sehingga secara keseluruhan didapatkan skor persentase sebesar 90,04%, dan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran dengan macromedia flash professional 8 pada mata pelajaran akuntansi sekolah menengah kejuruan valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran.