SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penguatan (Reinforcement) terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2010-2011

NURFITRIANA ROSITA DEWI

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Nurfitriana Rosita. 2010. Pengaruh Penguatan (Reinforcement) terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2010-2011. Skripsi, Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed. (II) Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci:   penguatan (reinforcement), motivasi belajar, prestasi belajar.

 

Penguatan atau pujian dalam kegiatan belajar mengajar sangat dianjurkan diberikan oleh guru kepada siswanya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga siswa memperoleh prestasi belajar yang optimal. Penguatan (reinforcement) adalah segala bentuk respon baik respon yang menyenangkan maupun tidak menyenagkan sebagai hasil dari modifikasi tingkah laku yang diberikan oleh guru kepada siswanya yang bertujuan untuk memberikan umpan balik atau feedback kepada siswa atas tingkah lakunya. Motivasi belajar adalah daya penggerak yang berasal dari dalam diri siswa yang dapat mendukung keberlangsungan dari kegiatan belajar, memperjelas arah dalam kegiatan belajar sehingga dapat mencapai tujuan belajar yang telah diinginkan. Prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai siswa dari penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan tingkah laku yang dilakukan selama proses belajar mengajar melalui kegiatan evaluasi yang dinyatakan dalam bentuk skor dan nilai.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidaklangsung antara penguatan (reinforcement) terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi melalui motivasi belajar siswa kelas XI IPS Madrasah AliyNegeri Se-kabupaten Blitar Tahun Ajaran 2010-2011. Penelitian ini merupakapenelitian eksplanasi menggunakan analisis jalur (path analysis). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah propotional random sampling, populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Blitar dengan jumlah populasi 238 siswa, sehingga sampel yang digunakan adalah 70 orang. Data diperoleh dengan menyebarkan angket dan dokumentasi berupa nilai rapor ujian tengah semester ganjil tahun ajran 2010-2011. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penguatan (reinforcement) (Xvariabel terikatnya adalah prestasi belajar (Y), dan motivasi belajar sebagai variabel intervening (Z).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung penguatan (reinforcement) terhadap motivasi belajar, (2) terdapat pengaruh langsung  penguatan (reinforcement) terhadap prestasi belajar, (3) terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap prestasi belajar, (4) motivasi belajar  berperan sebagai mediator parsial (partial mediation).

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan: (1) Guru mengurangi frekuensi pemberian penguatan (reinforcement) dan penghargaan kepada siswa serta lebih mengupayakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga jika penguatan juga disertai dengan pemberian motivasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa maka prestasi belajar siswa dapat tercapai secara optimal,(2) Bagi peneliti lain yang akan mengadakan penelitian sejenis, disarankan variabel yang ingin diteliti lebih diperluas mengingat hasil penelitian memperlihatkan bahwa adanya sumbangan faktor lain yang besar yang mempengaruhi prestasi belajar selain motivasi belajar dan penguatan. Faktor lain di luar motivasi belajar dan penguatan, misalnya: karakteristik siswa, sikap terhadap belajar, menggali hasil belajar, rasa percaya diri, kebiasaan belajar, faktor guru, kehidupan sosial dan sarana dan prasarana.