SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Minat Memilih Program Keahlian, Motivasi Berprestasi dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X dan XII Program Keahlian Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen)

DINA INDAH PRAMITA

Abstrak


ABSTRAK

 

Pramita, Dina Indah. 2010. Pengaruh Minat Memilih Program Keahlian, Motivasi Berprestasi dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X dan XII Program Keahlian Akuntansi di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen).Skripsi. Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.H.Tuhardjo, S.E,M.Si,Ak., Pembimbing (2) Hj.Yuli Widi Astuti, S.E,M.Si,Ak.

 

Kata Kunci: Minat Memilih Program Keahlian, Motivasi Berprestasi, Cara   Belajar, Hasil Belajar

 

Hasil belajar tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut dapat berasal dari dalam maupun dari luar. Diantara faktor-faktor tersebut adalah faktor minat memilih program keahlian, motivasi berprestasi dan cara belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh minat memilih program keahlian terhadap hasil belajar siswa kelas X dan XII program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, (2) Pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa kelas X dan XII program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, (3) Pengaruh cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X dan XII program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, (4) Pengaruh secara simultan minat memilih program keahlian, motivasi berprestasi dan cara belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X dan XII program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.

Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi yang dilaksanakan pada tanggal 15 November 2010. Populasinya adalah siswa kelas X dan XII Program Keahlian Akuntansi Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 140 siswa, dan sampel sebanyak 49 siswa. Sampel di ambil secara acak (Random Sampling). Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier ganda. Dari analisis regresi linier ganda diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Secara parsial terdapat pengaruh yang positif minat memilih program keahlian terhadap hasil belajar siswa kelas X dan XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2) Secara parsial terdapat pengaruh yang positif motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa kelas X dan XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (3) Secara parsial terdapat pengaruh yang positif cara belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X dan XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (4) Secara simultan terdapat pengaruh positif  minat memilih program keahlian, motivasi berprestasi dan cara belajar  terhadap hasil belajar siswa kelas X dan XII SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.

Disarankan kepada guru SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen agar lebih mengarahkan bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien kepada siswanya agar prestasi belajar siswa lebih baik lagi dari sebelumnya. Untuk siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, sebaiknya dalam memilih program keahlian disesuaikan dengan bakat dan minat yang dimiliki, dan lebih meningkatkan efektifitas cara belajar agar prestasi belajarnya lebih meningkat dan lebih baik lagi dari sebelumnya.