SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Penggunaan Modul Terhadap Keberhasilan Pengajaran Remedial (Remedial Teaching) Kelas XII pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 9 Malang Tahun Pelajaran 2010/2011

Asti Ratna Kanyaka Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, Asti Ratna Kanyaka. 2010. Efektivitas Penggunaan Modul Terhadap Keberhasilan Pengajaran Remedial (Remedial Teaching) Kelas XII pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 9 Malang Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.  Pembimbing I  : Dr. Hj. Siti Thoyibatun, M.Pd., M.M. Pembimbing II : Ika Putri Larasati, S.E., M.Com.

 

Kata Kunci: Modul, Pengajaran Remedial (Remedial Teaching), Hasil Belajar

Salah satu masalah besar dalam bidang pendidikan di Indonesia yang banyak dibicarakan saat ini adalah mutu pendidikan yang terlihat dari rata-rata hasil belajar yang rendah. Penggunaan modul untuk pengajaran remedial merupakan salah satu cara untuk membantu siswa agar lebih aktif dan mandiri dalam memperbaiki hasil belajar. Hal ini dilakukan, agar siswa mendapatkan hasil belajar sesuai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) yang ditetapkan oleh masing- masing sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul terhadap keberhasilan pengajaran remedial (remedial teaching) kelas XII pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 9 Malang tahun 2010/2011. 

Metode penelitian yang digunakan adalah jenis rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonrandomized Control Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data melalui metode tes dan dokumentasi. Instrumen berupa soal objektif dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XII IPS1 sebagai kelas kontrol dan XII IPS 4 sebagai kelas eksperimen di SMA Negeri 9 Malang semester gasal tahun pelajaran 2010/2011.

Hasil penelitian diperoleh bahwa skor hasil belajar remedial untuk kelas eksperimen 88,57 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 81,43. Berdasarkan rata-rata skor hasil belajar remedial di atas, bahwa hasil belajar remedial akuntansi siswa kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar remedial akuntansi siswa kelas kontrol.

Kesimpulan penelitian bahwa pengajaran remedial yang menggunakan modul lebih efektif daripada hanya melaksanakan remedial tes. Saran yang diajukan adalah (1) bagi peneliti lain dapat meneliti penggunaan modul lebih dari satu pokok bahasan, (2) bagi guru dianjurkan agar modul tidak hanya digunakan kepada siswa-siswa yang mendapatkan pengajaran remedial, namun digunakan untuk pengajaran di kelas reguler, (3) bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian ini dengan menambah aspek afektif dan psikomotorik untuk mengukur hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan, (4) bagi peneliti lain dianjurkan memberikan perlakuan yang beda untuk kelas eksperimen maupun kelas kontrol, (5) bagi peneliti lain dianjurkan untuk mengganti soal-soal tes hasil belajar jika pada saat uji coba instrumen penelitian kurang memenuhi syarat, (6) bagi peneliti lain dianjurkan memilih sampel dari populasi yang memiliki varian sama.