SKRIPSI Jurusan Akutansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK NEGERI 1 MALANG

IKE KRISTINAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Kristinawati, Ike. 2010. Pengaruh Disiplin Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK Negeri 1 Malang. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing I:  DR. Sunaryanto, M.Ed, Pembimbing II: Makaryanawati, S. E., M. Si, Ak.

 

Kata Kunci: Disiplin Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar.

Prestasi merupakan hasil yang dicapai seseorang ketika mengerjakan tugas atau kegiatan tertentu. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor disiplin dan perhatian orang tua. Dengan disiplin dan perhatian orang tua yang baik, akan berdampak baik pula bagi perubahan perilaku dan prestasi siswa. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Apakah disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Negeri 1 Malang? (2) Apakah perhatian orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan  di SMK Negeri 1 Malang? (3) Apakah disiplin belajar dan perhatian orang tua berpengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Negeri 1 Malang?

Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa jurusan Akuntansi kelas XI SMK Negeri 1 Malang sebanyak 197 siswa. Pengambilan sampel yang berjumlah 50 siswa (25%) dilakukan dengan teknik random sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari disiplin belajar dan perhatian orang tua sebagai variabel bebas dan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda yang didahului dengan uji asumsi klasik dan menggunakan bantuan program SPSS .

Berdasarkan analisis regresi linier berganda diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama yang signifikan antara disiplin belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar. Hal ini dapat diketahui dari nilai Fhitung yang lebih besar dari nilai Ftabel (25.474 > 3.158). Dari nilai R-Square menunjukkan nilai sebesar 0.520 atau 52%, artinya bahwa prestasi belajar siswa  dipengaruhi sebesar 52% oleh disiplin belajar  dan perhatian orang tua  sedangkan sisanya 48% dipengaruhi oleh variabel lain di luar kedua variabel bebas yang diteliti. Secara parsial diperoleh hasil bahwa variabel disiplin belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar dan variabel perhatian orang tua juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung yang lebih besar dari nilai ttabel, untuk disiplin belajar (2.316 > 2.002) dan untuk perhatian orang tua (6.036 > 2.002).

Mengacu dari hasil penelitian, maka diajukan saran yaitu, hendaknya siswa dapat meningkatkan disiplin belajarnya terutama untuk belajar lebih teratur dengan menepati jadwal belajar yang telah disusun agar kuantitas dan kualitas materi yang dipahami dari kegiatan belajar tersebut dapat meningkat dan pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar yang diinginkan dan diimbangi dengan perhatian dari orang tua.